Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Diposting pada

Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) – Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Saya sengaja membuat artikel ini untuk memberikan gambaran singkat tentang jurusan TKJ kepada teman-teman yang belum begitu tahu. Kalau untuk anak TKJ, pasti tahu lah. Dalam artikel ini saya juga akan melengkapinya dengan peluang kerja jurusan TKJ, mungkin teman-teman ada yang bertanya jurusan TKJ Kerja jadi apa?.

TKJ memiliki kepanjangan Teknik Komputer dan Jaringan, yaitu sebuah jurusan teknik yang mempelajari tentang cara instalasi sistem operasi, cara instalasi PC, cara instalasi jaringan, cara menganalisa dan memperbaiki PC, serta mempelajari tentang program-program komputer (sebenarnya bukan cuma itu saja, masih banyak yang dipelajari). Jurusan TKJ sendiri biasanya terdapat pada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang memang disediakan untuk mencetak lulusan yang sudah memiliki keterampilan dan siap bekerja.

Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Seiring berjalannya waktu, jurusan TKJ semakin banyak peminatnya. Mungkin ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin maju pula, jadi banyak anak yang ingin lebih tahu mengenai teknologi tersebut khususnya di bidang komputer.

Jurusan TKJ hampir sama dengan jurusan MM (Multimedia) dan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Materi yang dipelajari dalam 3 jurusan ini memang hampir sama, namun jika diteliti lebih dalam lagi akan nampak berbeda. Jadi, jika harus memilih TKJ, Multimedia, atau RPL harus pilih mana? Baca artikel ini Pilih Jurusan TKJ, Multimedia, atau RPL? Ini Jawabannya

Ketiga jurusan tersebut biasanya sangat diminati banyak siswa, alasannya adalah karena dengan memilih jurusan tersebut akan bisa mengikuti perkembangan teknologi, selain itu ketiga jurusan tersebut kerjanya kebanyakan juga hanya duduk saja namun gajinya gede, mungkin itu alasannya.

Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
Teknik Komputer dan Jaringan

Peluang Kerja Jurusan TKJ

Peluang kerja lulusan TKJ sangat banyak, tinggal bagaimana Anda mencari dan mengambil peluang tersebut. Ketika masih menjadi anak TKJ saja, Anda sudah bisa menghasilkan uang kok. Kan lumayan, masih sekolah tapi sudah menghasilkan uang ya walaupun cuma sedikit tapi lumayan untuk menambah uang jajan. Mau tau caranya? baca artikel ini Rekomendasi Bisnis Menguntungkan untuk Anak TKJ

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi RAM (Random Access Memory)

Kembali ke topik lulusan TKJ kerja jadi apa? Pekerjaan yang dimiliki seseorang itu tergantung minat dan kemauan. Misal, Anda lulusan TKJ namun suka dengan otomotif juga, dalam hal mencari pekerjaan itu terserah Anda mau pilih yang berhubungan dengan TKJ atau otomotif.

Namun beda lagi ketika Anda ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan TKJ. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja jurusan TKJ:

ISP (Internet Service Provider)

  1. Instalasi keamanan jaringan
  2. Instalasi server autentikasi
  3. Administrasi server autentikasi
  4. Mendesain sistem keamanan jaringan
  5. Mengoperasikan keamanan jaringan
  6. Memonitor keamanan jaringan

Wireless Networking

  1. Melakukan survei lapangan
  2. Membuat antena
  3. Instalasi jaringan wireless
  4. Mengkonfigurasi peralatan wireless
  5. Mengoperasikan jaringan wireless

Network Administrator

  1. Mendiagnosis perangkat yang tersambung dengan WAN
  2. Menganalisa permasalahan koneksi jaringan
  3. Memperbaiki permasalahan, kerusakan, atau tidak bekerjanya koneksi dalam jaringan

Administrasi Server

  1. Memanage server
  2. Memanage bandwith
  3. Memonitor server
  4. Memanage traffic

Computer Integrator

  1. Merakit komputer
  2. Melakukan perbaikan komputer
  3. Inslatasi sistem operasi (GUI maupun CLI)

Linux Administrator

  1. Instalasi sistem operasi Linux
  2. Melakukan maintenance sistem operasi Linux
  3. Melakukan virtualisasi

Network Integrator

  1. Merancang bangun dan menganalisa WAN
  2. Melakukan instalasi perangkat jaringan WAN
  3. Memasang jaringan lokal
  4. Menginstalasi sistem operasi jaringan
  5. Instalasi web server
  6. Instalasi database server
  7. Instalasi network server

Web Administrator

  1. Konfigurasi web
  2. Perawatan web
  3. Memonitor jaringan
  4. Memonitor traffic
  5. Memonitor keamanan web

Nah, itulah artikel tentang pengertian TKJ dan peluang kerja TKJ. Sebenarnya untuk peluang kerja masih banyak sekali, tinggal bagaimana kita mencari berbagai peluang pekerjaan yang tersebar banyak di berbagai tempat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.