Cara Mengatasi Error Code 0x80070017 Saat Install Windows

Anda seorang teknisi komputer? atau seorang pelajar yang sedang belajar install sistem operasi Windows? Mengalami masalah saat akan menginstall Windows? Apakah permasalahannya adalah Error Code 0x80070017? Jika ya, maka sangat tepat Anda membaca artikel ini karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang cara mengatasi error saat install Windows, tepatnya error code 0x80070017. Saya menuliskan artikel ini karena saya sendiri pernah mengalaminya, maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman saja.

Masalah yang sering muncul saat instalasi Windows sangat banyak sekali. Jika Anda adalah seseorang yang sering melakukan instalasi sistem operasi, saya yakin Anda pasti pernah mengalami masalah saat proses instalasi. Entah itu saat instalasi belum berjalan ataupun saat instalasi sedang berjalan.

Pengalaman ini saya dapatkan dari seringnya melakukan instalasi sistem operasi, baik itu menginstal laptop milik teman, tetangga, ataupun milik konsumen. Saat itu saya belum mempunyai file bootable yang tetap, jadi setiap kali akan menginstal ulang harus mendownload dan membuat bootable terlebih dahulu. Tentu ini merupakan sebuah kerugian karena harus mengeluarkan kuota internet untuk mendownloadnya, namun tidak rugi lagi karena sudah dibiayai oleh pemilik laptop yang akan diinstall ulang.

Cara Mengatasi Error 0x80070017 pada Windows

Masalah error code 0x80070017 ini sebenarnya masalah yang sepele namun tidak boleh disepelekan. Jika Anda baru menemui permasalahan ini pasti bingung, yang pertama kali dipikirkan adalah bagaimana kalau laptopnya rusak. Hehe, saya juga awalnya begitu kok, bingung setengah mati. Namun setelah diselidiki, tidak ada permasalahan yang serius karena permasalahannya hanya pada file Windows saja. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi error 0x80070017 saat instalasi Windows? 

Sebelum masuk ke caranya, alangkah baiknya Anda mengetahui penampakan dari masalah error code 0x80070017 ini. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Error Code 0x80070017 Saat Install Windows

Jika gambarnya kurang jelas, kalimatnya kira-kira seperti ini.

Windows cannot copy files required for installation. The files may be corrupt or missing. Make sure all files required for installation are avaliable, and restart the installation. Eror code 0x80070017

Jika kita mencermati pesan yang diberikan, maka petunjuk permasalahannya terletak pada kata The files may be corrupt or missing. Jadi, file yang kita gunakan untuk install Windows hilang atau korup.

Cara mengatasinya hanya ada satu, yaitu download ulang file Windows. Ya itu, Anda harus mendownload ulang file Windows kemudian baru membuat bootable. Penyebab utama file corrupt adalah karena kecepatan saat download tidak stabil. Agar nanti tidak error 0x80070017 lagi, saya sarankan gunakan internet dengan kecepatan download di atas 1MBps atau minimal 700kbps, dan usahakan koneksinya stabil. Karena pengalaman, saya mendownload file besar dengan internet yang tidak stabil, filenya corrupt.

Kesimpulan Cara Mengatasi 0x80070017

Kesimpulannya adalah, cara mengatasi error code 0x80070017 sangatlah mudah yaitu mendownload ulang file Windows dengan internet yang stabil. Dengan ini, maka Anda tidak akan lagi menemui masalah saat instalasi Windows ini.

Oh ya sedikit tips agar saat download file besar tidak mengalami corrupt. Yang paling penting, gunakan koneksi yang cepat dan stabil. Agar lebih mudah, silahkan datang ke Wifi Corner dan beli voucher, kecepatan internet Wifi Corner sangat stabil. Yang kedua, silahkan pilih server download yang cepat juga, kalau ada silahkan pilih Google Drive karena menurut saya Google Drive adalah server download yang paling cepat.

Nah, mungkin hanya ini saja tips mengatasi error 0x80070017 saat melakukan instalasi Windows. Masalah ini berlaku pada Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Ketika file Windowsnya corrupt, maka akan muncul masalah ini. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah saat install Windows. Terima kasih.

3 komentar

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon