Manfaat dan Cara Kerja Firewall

Diposting pada

Manfaat dan Cara Kerja FirewallFirewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggap aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan pada jaringan yang dianggap tidak aman. Firewall berfungsi untuk mengatur, memfilter, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan private yang dilindungi. Kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan data lewat atau tidak adalah: alamat IP dari komputer sumber, port TCP/UDP sumber dari sumber, alamat IP dari komputer tujuan, port TCP/UDP tujuan pada komputer tujuan, dan informasi dari header yang disimpan dalam paket data.

Manfaat dan Cara Kerja Firewall
Cara Kerja Firewall

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai manfaat dan cara kerja dari firewall. Dengan artikel ini, semoga wawasan dan pengetahuan kita mengenai firewall bisa bertambah.

Manfaat dan Cara Kerja Firewall

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang firewall. Dalam materi firewall sendiri terdapat penjelasan mengenai manfaat dan cara kerja dari firewall itu sendiri. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari firewall yaitu meliputi:

Menjaga Informasi Rahasia
Manfaat firewall yang pertama adalah menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan. Seperti contoh, FTP (File Transfer Protocol) lalu lintas dari jaringan komputer oranisasi dikendalikan oleh firewall. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna jaringan mengirim file rahasia yang disengaja maupun yang tidak disengaja oleh pihak lain.

Sebagai Filter
Manfaat firewall yang kedua adalah sebagai filter, yaitu untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagai file yang bermain-main di jaringan.Aplikasi jenis ini berguna dalam sektor korporasi.

Memodifikasi Paket
Manfaat firewall yang ketiga adalah untuk memodifikasi paket yang datang di firewall. Proses ini disebut dengan NAT atau Network Address Translation. Ada jenis NAT yang disebut NAT dasar, di mana alamat IP pribadi dari jaringan komputer yang tersembunyindi balik satu IP tertentu. Proses ini disebut dengan IP samaran, hal ini membantu pengguna dalam sebuah jaringan yang meliputi sistem tanpa nomor IP publik yang beralamat untuk mengakses internet.

Mencegah Modifikasi Data yang Tidak Sah
Akurasi data seperti info keuangan, spesifikasi produk, harga produk, dan lain sebaainya sangat penting bagi setiap perkembangan bisnis. Jika informasi tersebut diubah oleh sumber eksternal, maka akan memberikan dampak kerugian. Maka dari itu firewall disini berfungsi untuk mencegah modifikasi data yang tidak sah di website.

Cara Kerja Firewall

Cara kerja firewall dari komputer adalah dengan menutup port kecuali port yang diperlukan untuk terbuka. Firewall di komputer bertindak sebagai garis pertahanan dalam mencegah semua jenis hacking ke dalam jaringan. Karena, setiap hacker yang mencoba menembus ke dalam jaringan akan mencari port yang terbuka yang dapat diaksesnya.

Sebelumnya, cara kerja firewall adalah dengan menyaring lalu lintas jaringan yang menggunakan IP, nomor port, dan protocol. Namun saat ini, firewall dapat menyaring data dengan mengidentifikasi pesan konten itu sendiri. Dengan bantuan firewall, informasi sensitif atau tidak layak dapat dicegah melalui intercace.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai manfaat dan cara kerja firewall. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *