Cara Mematikan Windows 10 Update Assistant Permanen

Tags
Cara Mematikan Windows 10 Update Assistant Permanen - Windows update assistant merupakan fitur update otomatis milik windows yang baru baru ini diluncurkan untuk membantu proses update di windows 10. Selain itu fungsi windows 10 update assistant juga ditujukan untuk melakukan instalasi dan update otomatis terhadap layanan windows yang sudah usang sekaligus mengamankan seluruh sistem pada OS windows 10. Jika dilihat dari segi fungsinya, fitur windows 10 update assistant di windows 10 ini memang sangat baik. Namun sebagian orang juga mencari cara menghilangkan windows 10 update assistant di windows 10 karena dirasa sangat mengganggu. Bagaimana tidak, ketika fitur ini berjalan akan memakan konsumsi random access memory (RAM) yang cukup banyak dan membuat komputer atau laptop kita menjadi sangat lemot.
cara mematikan dan menghilangkan windows 10 update assistant permanen pada laptop dan komputer dengan sistem operasi berbasis windows 10
Cara menghilangkan windows 10 update assistant permanen
Aplikasi windows 10 update assitant ini dapat muncul secara tiba tiba di laptop maupun komputer ketika perangkat tersebut tersambung ke internet. Entah dari mana asal aplikasi windows 10 update otomatis ini namun pada faktanya aplikasi ini sangat mengganggu. Spekulasi yang beredar saat ini adalah perusahaan microsoft memang sengaja menyisipkan fitur windows 10 update assistant khusus untuk windows 10 secara diam diam karena laptop yang admin pakai dengan menggunakan sistem operasi windows 10 sebelumnya juga terdapat windows 10 update assistant. Secara tiba tiba aplikasi ini muncul dan melakukan update windows otomatis yang membuat performa laptop admin menjadi menurun. Selain itu ketika melakukan shutdown hanya ada pilihan "update and shutdown" yang secara tidak langsung kita diharuskan melakukan update windows sebelum mematikan laptop.

Dalam kasus ini, laptop yang windows update otomatis sudah dimatikan dengan status disabled tetap bisa melakukan update dikarenakan fitur windows 10 update assistant ini dan settingan ketika kita mematikan update otomatis akan ter-reset dan menjadi settingan awal. Sekalipun kita mematikan windows update otomatis pada menu service, settingan kita tetap saja akan kembali seperti semula karena aplikasi windows update assistant ini.

Dengan kondisi seperti ini dan terus terjadi secara berulang setiap kali laptop tersambung ke internet, akhirnya admin memutuskan untuk mencari tahu cara mematikan windows 10 update assitant secara permanen. Beberapa fakta yang admin temukan adalah windows update assistant merupakan aplikasi yang bisa dihentikan dengan cara mematikan aplikasi tersebut ketika melakukan proses update otomatis. Namun sekalipun kita mematikan fitur update assistant ini tetap saja aplikasinya akan tetap menempel di laptop dan akan berjalan otomatis ketika terkoneksi dengan internet. Maka dari itu kita harus mencari cara menghilangkan windows 10 update assistant ini agar proses update otomatis tidak berjalan ketika laptop tersambung ke internet.

Cara Mematikan Windows 10 Update Assistant Permanen

Untuk dapat menghilangkan windows 10 update assistant ini tidak bisa dilakukan dengan cara manual seperti memencet tanda silang pada pojok aplikasi, mematikan melalui task manager maupun melakukan uninstall aplikasi melalui control panel. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi ini akan otomatis berjalan ketika laptop tersambung ke internet. Sekalipun kita uninstall aplikasi ini tetap saja windows 10 update assistant akan muncul kembali dalam kurun waktu beberapa hari.
Baca juga: Cara Mematikan Update Windows 10, 8, dan 7 Secara Permanen
Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mematikan windows 10 update assistant secara permanen. Lalu bagaimana cara melakukannya? apakah aplikasi update otomatis ini dapat hilang secara permanen? berikut adalah tutorialnya.

Cari icon windows 10 update assitant di tampilan desktop lalu klik kanan dan pilih open file location untuk mengetahui lokasi aplikasi tersebut.
cara menghilangkan windows 10 update assistant permanen
cara menghilangkan windows 10 update assistant
Lalu sorot pada aplikasi dengan nama "windows10upgraderapp" klik kanan dan pilih properties, lalu masuklah pada sub menu security.
cara mematikan windows 10 update assistant permanen
langkah langkah mematikan windows update otomatis
Pada menu security properties terdapat 3 nama pada kolom group or usernames. Yakni: SYSTEM, Administrator, dan users. Kita akan mengedit ketiga pengguna tersebut, caranya sorot system dan pilih edit lalu centang seluruh kolom deny untuk menutup akses ijin aplikasi windows 10 update assistant. Lakukan secara bergantian dengan cara yang sama seperti diatas, jika settingan windows update assistant sudah dipilih deny semua maka pilih ok untuk simpan dan keluar.
cara menghilangkan windows 10 update assistant
Mematikan windows update otomatis
Cara mematikan windows 10 update assitant belum selesai sampai disini saja, melainkan kita harus mematikan fitur fitur dalam aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan mematikan ijin akses aplikasi sama seperti cara sebelumnya. Untuk mempersingkat waktu, anda dapat memilih aplikasi dengan ekstensi ".exe" dengan cara short by group. centang kolom deny pada ketiga user di menu security properties sama seperti cara sebelumnya. Jika sudah pilih ok untuk menyimpan setelan dan keluar.
cara menghilangkan windows 10 update assistant
Layanan windows update assistant yang harus dimatikan
Itulah cara mematikan windows 10 update assistant permanen yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Jika anda ingin menghilangkan windows 10 update assistant maka anda tinggal melakukan langkah diatas dan windows update otomatis tidak akan berjalan sekalipun laptop anda terkoneksi dengan internet.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon