Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap

Diposting pada

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap – Seni rupa dapat diartikan sebagai cabang seni yang karyanya menggunakan media rasa berupa rabaan dan ditangkap menggunakan mata hingga akhirnya dapat terbentuk. Seni rupa sendiri dapat kita temui dalam kehidupan sehari hari seperti seni grafis, seni film, desain grafis, kriya kulit, seni lukis, kriya bambu, seni pahat, arsitektur, desain interior dan lain lain. Kemudian seni rupa juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis seni rupa tersebut dapat berupa seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap macam seni rupa memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda. Meskipun jenisnya berbeda beda, namun unsur unsur seni rupa di dalamnya sama. Jenis seni rupa untuk kategori murni mengarah pada keindahan dan estetika. Sedangkan seni rupa terapan mengarah pada kegunaan dan fungsinya. Seni rupa juga masih dapat dibagi menjadi beberapa macam menurut dimensinya yaitu seni rupa tiga dimensi dan seni rupa dua dimensi. Macam macam seni rupa tersebut tentunya memiliki pengertian dan contoh masing masing.

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap
Unsur Unsur Dalam Seni Rupa

Unsur unsur pada seni rupa merupakan unsur yang digunakan untuk membuat kesatuan menjadi terpadu pembentukannya sehingga penikmatan seni tersebut dapat secara menyeluruh. Dengan unsur unsur tersebut, seni rupa yang telah dibuat dapat diamati, diapresiasi, dilihat dan dinikmati orang lain. Untuk itulah unsur unsur dalam seni rupa memang sangat penting. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang unsur unsur seni rupa beserta gambarnya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap

Seni rupa secara umum memiliki beberapa unsur unsur di dalamnya. Unsur unsur dalam seni rupa tersebut melipuri garis, ruang, tekstur, titik, gelap terang, bidang, warna dan bentuk. Unsur unsur seni rupa inilah yang biasanya digunakan untuk membentuk karya tersebut sehingga dapat terbentuk dengan baik dan indah. Selain itu adapula unsur komposisi yang juga harus diperhatikan dalam penciptaan karya seni sehingga dapat lebih baik dari segi penyusunannya. Komposisi tersebut memiliki beberapa prinsip yang berupa keseimbangan, proporsi yang baik, keselarasan, memiliki vocal point yang memperhatikan titik pusat dan kesatuan.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa unsur unsur seni rupa tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti garis, ruang, tekstur, titik, gelap terang, bidang, warna dan bentuk. Setiap unsur dalam seni rupa tersebut memiliki pengertian dan bentuk gambarnya sendiri. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu sebagai berikut:

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap
Unsur Unsur pada Seni Rupa

Titik

Unsur unsur pada seni rupa yang pertama ialah titik. Unsur titik ini termasuk dalam unsur paling dasar dalam seni rupa. Letak titik sendiri pada dasarnya ada di dimensi satu. Bahkan dalam pembentukan garis, bidang atau bentuk tersebut terdapat penggunaan titik sebagai unsur terkecil. Dengan kata lain titik kecil dapat digunakan untuk memulai seluruh ide dalam karya seni.

Garis

Unsur unsur seni rupa selanjutnya ialah garis. Dalam seni rupa dua dimensi pada dasarnya terdapat penggunakan aspek garis ini. Awal pembentukan unsur garis ini pada umumnya dari titik titik yang terhubung. Dimensi yang dimiliki oleh garis tergolong memanjang serta arahnya pun juga tertentu. Garis sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti garis panjang, garis horizontal, garis pendek, maupun garis vertikal.

Bidang

Unsur unsur dalam seni rupa selanjutnya ialah bidang. Bidang ialah unsur yang berasal dari beberapa garis yang digabungkan menjadi beberapa sisi. Bidang termasuk dalam unsur dua dimensi karena mempunyai ukuran lebar dan panjang. Adapun beberapa contoh bidang yaitu segitiga, persegi panjang, trapesium, persegi dan sebagainya.

Baca juga : Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya

Bentuk

Unsur unsur pada seni rupa selanjutnya ialah bentuk. Dengan unsur ini karya seni rupa dapat diamati dengan utuh dan kesannya menjadi lebih hidup. Bentuk sendiri berasal dari beberapa bidang. Bentuk tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu bentuk non geometris (hewan, alam dan manusia) serta bentuk geometris (balok, tabung dan kubus).

Ruang

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap
Unsur Ruang

Unsur unsur seni rupa selanjutnya ialah ruang. Ruang ialah unsur dalam seni rupa yang bersifat nyata dan semu. Sifat semu dalam unsur ruang ini termasuk dalam karya dua dimensi sehingga bentuknya dapat berupa gambar. Kemudian sifat nyata pada ruang terdapat dalam karya tiga dimensi karena secara langsung dapat dirasakan. 

Warna

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap
Unsur Warna

Unsur unsur pada seni rupa selanjutnya ialah warna. Karya seni dapat dibuat lebih ekspresif dan hidup jika dilengkapi dengan warna. Warna dapat dibagi menjadi tujuh spektrum jika didasarkan pada teori warna yang tersedia. Akan tetapi macam macam warna dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis berdasarkan teori pigmennya. Adapun jenis jenis warnanya meliputi warna primer, sekunder dan tersier. Akan tetapi adapula pengelompokan warna berupa warna komplementer dan warna analogus.

Baca juga : Pengertian Musik Nusantara, Fungsi dan Peranan Beserta Contohnya

Tekstur

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap
Unsur Tekstur

Unsur unsur pada seni rupa selanjutnya ialah tekstur. Tekstur biasanya digunakan dalam jenis seni rupa tiga dimensi. Tekstur sendiri dapat diartikan sebagai keadaan dan sifat pada permukaan bidang di sebuah karya. Unsur tekstur yang dimiliki oleh masing masing benda pastinya berbeda, walaupun sebenarnya hampir mirip. Tekstur tersebut dapat dibagi menjadi dua macam yaitu tekstur semu dan tekstur nyata.

Gelap Terang

Unsur Unsur Seni Rupa Beserta Gambarnya Terlengkap
Unsur Gelap Terang

Unsur unsur dalam seni rupa berikutnya ialah gelap terang. Gelap terang pada karya seni rupa disesuaikan dengan intensitas dari cahayanya. Dengan kata lain, jika cahayanya memiliki intensitas yang besar, maka gambarnya juga akan lebih terang lagi. Namun jika intensitas cahayanya semakin kecil, maka gambarnya juga akan semakin gelap. Penggunaan unsur gelap terang dalam karya dua dimensi tersebut disesuaikan dengan pemilihan warna dan gradiensinya juga.

Sekian penjelasan mengenai unsur unsur seni rupa beserta gambarnya terlengkap. Seni rupa memiliki beberapa unsur di dalamnya seperti garis, ruang, tekstur, titik, gelap terang, bidang, warna dan bentuk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *