Taktik Jepang Untuk Menarik Simpati Rakyat Indonesia Adalah

Diposting pada

Taktik Jepang Untuk Menarik Simpati Rakyat Indonesia Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa Jepang adalah salah satu negara yang pernah menjajah negara kita yaitu bangsa Indonesia. Masuknya Jepang ke Indonesia ini melalui Tarakan pada tanggal 11 Januari 1942. Nusantara secara resmi dikuasai oleh Jepang setelah Belanda dibuat menyerah pada tanggal 8 Maret 1942. Maka dari itu Jepang hanya membutuhkan waktu dua bulan sejak pertama kali masuk untuk merebut kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda.

Lalu taktik jepang untuk menarik simpati rakyat indonesia adalah apa? Pada saat itu Jepang diakui oleh pemerintah Hindia Belanda untuk menguasai Indonesia. Jepang dapat dengan mudah mengalahkan Belanda dan berhasil menguasai Indonesia dengan cara menarik simpati rakyat melalui taktik tertentu. Hingga akhirnya banyak kebijakan Jepang yang memberatkan rakyat Indonesia. Misalnya saja romusha pada masa penjajahan Jepang yang banyak menyengsarakan rakyat Indonesia.

Taktik Jepang Untuk Menarik Simpati Rakyat Indonesia Adalah
Penjajahan Jepang

Selama 350 tahun bangsa Belanda menjajah rakyat Indonesia dengan berbagai kesengsaraan yang dialaminya. Kemudian datanglah Jepang yang dianggap sebagai tentara yang datang untuk melepaskan Indonesia dari cengkraman Belanda. Rakyat Indonesia banyak membantu Jepang untuk melakukan kampanye militer terhadap Belanda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang taktik jepang untuk menarik simpati rakyat indonesia adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Taktik Jepang Untuk Menarik Simpati Rakyat Indonesia Adalah

Ketika Jepang datang ke Indonesia sebenarnya tidak membebaskan rakyat dari penderitaan. Datangnya bangsa Jepang ini malah menambah penderitaan rakyat Indonesia. Menurut peribahasa lepas dari mulut buaya masuk ke mulut harimau karena kekuasaan Jepang yang berpindah dari tangan Belanda membuat bangsa Indonesia memperoleh penjajah baru. Penjajahan Jepang menurut sejarah bahkan lebih kejam dibandingkan Belanda.

Salah satu taktik jepang untuk menarik simpati rakyat indonesia adalah membentuk organisasi keagamaan dan kemasyarakatan. Jepang ini memang termasuk negara penjajah bangsa Indonesia, hingga saat itu banyak organisasi pergerakan Nasional yang terbentuk pada masa penjajahan tersebut. Pada tanggal 11 Januari 1942, bangsa Jepang masuk ke Indonesia melalui Tarakan. Setelah itu Jepang menguasai Nusantara secara resmi.

Baca Juga  Lagu yang Bertempo Cepat Biasanya Bersifat

Jepang dapat menarik simpati rakyat Indonesia disebabkan karena Jepang sadar bahwa Belanda tidak mudah untuk dikalahkan karena Indonesia sudah dikuasai selama ratusan tahun lamanya. Selain itu di Indonesia juga banyak sekali peralatan militer dan tentara Belanda. Maka dari itu Jepang memutuskan untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar dapat mengalahkan Belanda dan menguasai negara Indonesia. Jika membahas tentang taktik Jepang tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Taktik Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia adalah . . .

Jawaban.
Taktik jepang untuk menarik simpati rakyat indonesia adalah membentuk organisasi organisasi yang sifatnya sosial kemasyarakatan (Putera, Masyumi, Gerakan Tiga A,dan MIAI), melakukan propaganda dengan mengizinkan bendera Indonesia untuk dikibarkan di samping bendera Jepang, menjanjikan kemerdekaan Indonesia dengan membentuk BPUPKI, meyakinkan Indonesia bahwa Jepang merupakan saudara tua, dan memutar lagu Indonesia melalui radio disamping lagu Kimigayo.

Seperti yang kita tahu bahwa Jepang merupakan negara yang melakukan penjajahan Indonesia di kawasan Asia. Masyarakat sangat antusias ketika Jepang datang ke Indonesia, bahkan Jepang juga dicintai oleh rakyat Indonesia karena berpihak pada rakyat. Hal ini semakin terbukti karena Jepang membenci Belanda.