Jenis Jenis Penelitian Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Jenis Jenis Penelitian Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap – Pada dasarnya penelitian pasti dilakukan oleh mahasiswa semester akhir. Penelitian ini digunakan untuk menyusun skripsi tugas akhir agar dapat dikerjakan dengan baik dan benar. Maka dari itu mereka dapat lulus kuliah dengan baik. Pada umumnya penelitian dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Macam macam penelitian tersebut memiliki kegunan yang berbeda beda sehingga tidak semua contoh penelitian dapat digunakan. Peneliti yang melakukan penelitian akan mencari berbagai masalah kehidupan untuk dikumpulkan nantinya sesuai dengan bidangnya masing masing. Apakah anda tahu pengertian penelitian itu? 

Masalah yang diteliti harus sesuai dengan bidangnya agar nanti dapat dijawab satu persatu. Apa saja jenis jenis penelitian itu? Apa pengertian penelitian? Apa saja contoh penelitian? Kegunaan penelitian tidak hanya untuk memecahkan masalah saja, tetapi juga berguna dalam menemukan pengetahuan dan teori baru terkait bidang tertentu. Maka dari itu perkembangan ilmu pengetahuan akan terus terjadi karena penemuan riset juga berlangsung secara terus menerus. Dengan penelitian tersebut diharapkan IPTEK akan terus berkembang dan lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Jenis Jenis Penelitian Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap
Macam Macam Penelitian

Pengertian penelitian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah sebuah kegiatan dalam mengolah, menyajikan, mengumpulkan dan menganalisis data secara objektif dan sistematis yang dilakukan dengan tujuan agar permasalahan dapat dipecahkan atau membuat prinsip umum lebih berkembang melalui pengujian hipotesis. Kita dapat menjumpai contoh contoh penelitian dalam bidang sains atau riset. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis penelitian beserta pengertian dan contohnya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Penelitian Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Sebagai seorang siswa tentu kita sudah sangat familiar dengan kata penelitian. Kenyataanya kita pun sering dihadapkan dengan kegiatan yang satu ini. Dalam dunia pendidikan kita sering menemukan berbagai jenis penelitian berdasarkan metodenya. Namun secara garis besar kegiatan tersebut bisa dibagi menjadi dua jenis yakni penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Namun taukah anda bahwa sebenarnya jenis penelitian tidak hanya terbatas pada metodenya saja melainkan juga mempertimbangkan beberapa aspek. Diantaranya adalah tujuan, teknik analisa data, teknik pengumpulan data, dan lain sebagainya.

Tujuan pelaksanaan penelitian sendiri tidak lain untuk membuat teori dan ilmu pengetahuan berkembang. Kegiatan ini dibuat sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan, serta media untuk menyelesaikan persoalan. Pelaksanaan dalam kegiatan penelitian tersebut harus seksama sehingga dapat mencapai keinginan tujuannya, mulai dari tahap awal sampai metodologi. Selain itu dalam meneliti sebuah fenomena maupun obyek harus memperhatikan validitas data (keaabsahan) dan bukan merupakan rekayasa.

Baca juga : Pengertian Konflik Beserta Jenis Jenisnya Lengkap

Sekarang ini macam macam penelitian tersebut sangat banyak jenisnya. Masing masing penelitian tentunya menggunakan metode yang berbeda beda karena pencapaian hasil ouputnya pun tidak sama. Penelitian dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut aspek tertentu dan banyak hal. Adapun penjelasan mengenai jenis jenis penelitian, pengertian penelitian dan contoh penelitian yaitu sebagai berikut:

Berdasarkan Tujuannya

Secara garis besar setiap tindakan sains ilmu pengetahuan dilakukan dengan tujuan jelas. Yakni untuk mendapatkan data akurat guna kepentingan pengembangan teori serta ilmu pengetahuan. Namun dari tujuan tersebut penelitian bisa dipecah kembali menjadi beberapa jenis. Mengapa bisa demikian? karena penelitian tidak hanya dilakukan pada satu bidang saja melainkan di berbagai bidang. Misalnya saja ketika mengerjakan skripsi PTK (penelitian tindakan kelas) yang notabennya memiliki tujuan meningkatkan kemampuan spesifik siswa. Ataupun ketika melakukan penelitian komparasi dengan membandingkan dua subjek secara bersamaan.

Melihat banyaknya variasi penelitian tersebut akhirnya diputuskan untuk membuat klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya. Dengan memahami maksud tujuan diadakan kegiatan tersebut diharapkan peneliti bisa memilih metode, teknik olah data, serta menemukan landasan teori secara akurat. Penelitian berdasarkan tujuannya dapat dibagi menjadi penelitian terapan dan penelitian murni. Berikut penjelasan selengkapnya:

Penelitian Murni

Pengertian penelitian murni ialah penelitian yang digunakan untuk menemukan bidang penelitian baru atau membuat kemampuan ilmiah meningkat tanpa disertai tujuan tertentu secara praktis. Dengan kata lain pelaksanaan penelitian murni bertujuan untuk membuat ilmu pengetahuan menjadi lebih berkembang. Penelitian murni dapat dinamakan dengan penelitian dasar.

Banyak sekali ilmuan bahkan pakar yang melakukan penelitian murni sejak ratusan tahun silam. Hasilnya pun sudah bisa kita nikmati hingga sekarang. Rumus hukum newton misalnya yang didapatkan dari penelitian Isaac Newton ataupun Digital Learning Theory yang dikembangkan oleh Thomas Anderson. Masih banyak sekali penelitian murni yang hasil serta teorinya dipakai hingga masa kini.

Untuk melakukan penelitian murni tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan adanya teknik pengumpulan data serta metode analisa dan validasi yang mumpuni. Hal ini disebabkan karena penelitian murni bisa dibilang seperti membuka cabang ilmu baru yang belum diketahui oleh orang lain. Sehingga hanya sedikit referensi maupun teori yang bisa menjadi landasan dasar untuk memperkuat hasil penelitian nantinya.

Penelitian Terapan

Secara teknis penelitian terapan tidak jauh berbeda dari jenis penelitian sebelumnya. Pengertian penelitian terapan ialah penelitian yang digunakan untuk membuat pengetahuan ilmiah menjadi lebih meningkat melalui sebuah tujuan praktis. Maka dari itu penggunaan penelitian terapan secara langsung akan menghasilkan kebutuhan praktis lainnya. Tujuan penelitian terapan ini adalah untuk menyelesaikan masalah kehidupan secara praktis. Adapun contoh penelitian terapannya yaitu penentuan tata letak sekitar dan arsitektur bangunan melalui penelitian terapan ketika akan melakukan proyek pembangunan.

Jadi bisa dibilang penelitian terapan merupakan kelanjutan ataupun pengembangan dari versi sebelumnya. Jenis penelitian tersebut sudah banyak diimplementasikan di dunia pendidikan. Misalnya saja pada skripsi mahasiswa yang notabennya membuat penelitian dengan dasar serta landasan teori dari peneliti awalnya.

Berdasarkan Analisis dan Jenis Datanya

Jenis data dan metode analisisnya menjadi dua bagian yang tidak akan pernah bisa dipisahkan dari kerangka penelitian. Bisa dipastikan kalau setiap penelitian yang dilakukan memiliki kedua unsur tersebut. Qualitative research dan quantitative research memiliki jenis data dan cara analisis yang berbeda sesuai dengan konsepnya. Oleh karena itu saya akan menjabarkannya secara jelas dalam sesi kali ini.

Jenis jenis penelitian selanjutnya ialah berdasarkan analisis dan jenis datanya. Penelitian berdasarkan analisis dan jenis datanya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu:

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai penelitian yang memiliki data data kualitatif di dalamnya. Data kualitatif tersebut berupa kata, pernyataan, indeks, kalimat, gambar, dan skema tertentu. Dalam data kualitatif tidak mengandung angka apapun. Data kualitatif pada umumnya berhubungan dengan pendapat responden seperti tidak puas atau puas dengan layanan tertentu, buruk atau baiknya sebuah layanan, serta tidak setuju atau setuju dengan sebuah kebijakan.

Baca juga : Sikap Kritis Terhadap Perubahan Sosial Budaya Terlengkap

Penelitian Kuantitatif

Pengertian penelitian kuantitatif ialah penelitian yang mengandung data kuantitatif seperti angka atau data yang nantinya dapat dikonversi menjadi angka. Angka yang termasuk didalamnya dapat berupa 1, 2, 3, 4, dan angka biasa lainnya. Data kuantitatif tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu data kontinum dan data diskrit (nominal). Data nominal ialah data yang berbentuk diskrit atau kategori. Sedangkan data kontinum memiliki arti yang berkebalikan.

Berdasarkan Metodenya

Jenis jenis penelitian selanjutnya ialah berdasarkan metodenya. Penelitian berdasarkan metodenya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu penelitian survei, ekperimen, pengembangan, naturalistik, kebijakan, historis, tindakan, ex post facto, deskripsi, dan evaluasi. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu:

Penelitian Historis

Jenis penelitian berdasarkan metode yang pertama ialah penelitian historis atau penelitian sejarah. Penelitian historis dapat diartikan sebagai penelitian yang berhubungan dengan analisis kejadian secara logis yang berlangsung dan terjadi di masa lalu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dimasa lalu melalui penyelidikan, penjelasan dan pemahaman yang baik. Penelitian historis bertujuan untuk menarik kesimpulan terkait dampak, perkembangan dan sebab sebab berlangsungnya sebuah peristiwa di masa lalu. 

Penelitian Survei

Macam penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian survei. Pengertian penelitian survei ialah pelaksanaan penelitian dalam populasi kecil atau besar untuk memperoleh sampel data didalamnya. Dengan kata lain pelaksanaan penelitian ini digunakan untuk mencari populasi penelitian secara menyeluruh melalui pengambilan sampel tertentu. Yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampelnya.

Penelitian Ex Post Facto

Jenis jenis penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian ex post facto. Definisi penelitian ex post facto ialah penelitian yang digunakan untuk meneliti terjadinya kejadian atau peristiwa tertentu sehingga faktor yang menyebabkan peristiwa tersebut dapat diketahui.

Baca juga : Tipe Tipe Lembaga Sosial Beserta Contohnya Terlengkap

Penelitian Eksperimen

Macam penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai penelitian yang digunakan untuk menentukan pengaruh variabel tertentu dalam keadaan terkontrol dengan variabel lain secara ketat. Untuk itu pelaksanaan eksperimen akan didorong oleh jenis penelitian ini sehingga pengaruh variabel tertentu dapat diketahui. Eksperimen ini dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti true experimental, quai experimental, pre experimental dan factorial.

Penelitian Deskriptif

Jenis penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian deskriptif. Pengertian penelitian deskriptif ialah penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara akurat, sistematis dan faktual tentang sifat maupun fakta dari daerah atau populasi tertentu. Untuk itu fakta dan peristiwa yang tersedia dapat dideskripsikan melalui penelitian ini, baik dimasa lalu maupun dimasa sekarang. Akan tetapi variabel bebas dalam penelitian deskriptif tidak perlu dirubah seperti dalam penelitian eksperimen.

Penelitian Pengembangan

Jenis jenis penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian pengembangan. Definisi penelitian pengembangan ialah penelitian yang berguna untuk membuat produk menjadi berkembang sehingga lebih berkualitas dan lebih baik. Pada umumnya perusahaan produk tertentulah yang menggunakan penelitian tersebut. Penelitian pengembangan bertujuan untuk memperoleh proses atau prosuk baru agar produk tertentu dapat diciptakan. Dengan kata lain pelaksanaan penelitian ini digunakan untuk menguji atau memformulasi hipotetis tertentu yang nantinya hasil output dapat berupa produk baru.

Penelitian Evaluasi

Macam penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian evaluasi. Penelitian evaluasi dapat diartikan sebagai penelitian yang digunakan untuk memaparkan fenomena dalam sebuah produk, kejadian dan kegiatan. Untuk itu kegiatan dan kejadian tertentu dapat dievaluasi melalui penelitian ini. Evaluasi yang dilakukan dapat berupa saran, kritik, masukan dan sebagainya.

Penelitian Naturalistik

Jenis penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian naturalistik. Pengertian penelitian naturalistik ialah penelitian yang berguna untuk mengetahui keadaan alamiah sebuah objek. Penelitian naturalistik dapat dinamakan dengan metode kualitatif. Untuk itu penekanan dalam hasil penelitian ini lebih cenderung ke arah makna dan bukan kesimpulan atau generalisasi. Peneliti dalam jenis penelitian tersebut berperan sebagai instrumen kunci sehingga secara triangulasi dapat melaksanakan teknik pengumpulan data dan sifat analisis datanya dapat berupa induktif.

Penelitian Tindakan

Jenis jenis penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian tindakan. Definisi penelitian tindakan ialah penelitian yang berguna untuk membuat metode kerja berkembang menjadi lebih efisien, serta dapat meningkatkan produktivitas lembaga dan penekanan biaya produksi. Pelaksanaan penelitian ini untuk menyelesaikan problematika dan masalah tertentu dalam lingkup kelompok atau organisasi. 

Penelitian Kebijakan

Macam penelitian berdasarkan metode selanjutnya ialah penelitian kebijakan. Pengertian penelitian kebijakan ialah penelitian yang digunakan dalam lingkup mendasar seperti masalah masalah sosial sehingga masalah dapat diselesaikan oleh pembuat keputusan melalui tindakan dari rekomendasi penemuannya tersebut.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis penelitian beserta pengertian dan contohnya terlengkap. Penelitian ialah sebuah kegiatan dalam mengolah, menyajikan, mengumpulkan dan menganalisis data secara objektif dan sistematis yang dilakukan dengan tujuan agar permasalahan dapat dipecahkan atau membuat prinsip umum lebih berkembang melalui pengujian hipotesis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *