Pengertian Konflik Beserta Jenis Jenisnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Konflik Beserta Jenis Jenisnya Lengkap – Manusia termasuk dalam makhluk sosial yang memiliki sifat untuk melakukan hubungan interaksi dengan individu atau orang lainnya. Meski begitu pasti ada tindakan atau pendapat yang berbeda dengan orang lain karena apa yang diharapkan tentunya tidak sama dengan yang lainnya. Dari sinilah tercipta sebuah konflik diantara kedua orang atau beberapa orang jika tindakan atau pendapat diantara mereka berbeda. Apa sebenarnya definisi konflik itu? Apa saja jenis jenis konflik itu?

Pengertian konflik dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah tidak sejalan, bertentangan, berbeda pendapat dan berselisih paham. Kemudian konflik menurut para ahli juga dapat diartikan sebagai sebuh proses dimana terdapat efek negatif yang diberikan kepada pihak yang merasa dirugikan kepada pihak lainnya. Inilah yang menjadi dasar dalam salah satu kategori konflik berdasarkan jenisnya. Jenis jenis konflik sendiri memang beraneka ragam dengan makna dan maksud yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan terjadinya konflik tidak hanya diantara dua orang saja, melainkan diantara beberapa orang juga.

Pengertian Konflik Beserta Jenis Jenisnya Lengkap
Makna Sebuah Konflik

Timbulnya sebuah konflik tentunya disebabkan oleh beberapa hal. Untuk itulah terdapat sumber konflik yang membuat dua orang atau lebih saling bertentangan. Faktor penyebab konflik atau sumber penyebab konflik dalam sebuah organisasi atau masyarakat tersebut meliputi perbedaan persepsi, perbedaan komunikasi, perbedaan budaya dan status, diskriminasi, perbedaan pandangan, kebencian, perbedaan kepentingan, kompetisi atau persaingan, keakuan (egoisme) serta kebencian. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian konflik beserta jenis jenis konflik lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Konflik Beserta Jenis Jenisnya Lengkap

Apa yang dimaksud konflik itu? Menurut bahasa latin konflik dapat diartikan sebagai configere yang maknanya saling memukul. Berdasarkan sosiologis, konflik dapat diartikan sebagai sebuah proses antar golongan maupun dua orang atau lebih secara sosial yang berusaha untuk menyingkirkan orang lain dengan cara membuat orang tersebut tidak berdaya ataupun runtuh. Konflik berdasarkan jenisnya ini memang disebabkan oleh adanya perbedaan, baik perbedaan pendapat ataupun pandangan.

Baca juga : Sikap Kritis Terhadap Perubahan Sosial Budaya Terlengkap

Konflik memang selalu dikaitkan dengan hal hal negatif karena diantara dua orang atau lebih terdapat pertentangan pandangan atau pendapat. Namun tidak semua konflik seperti itu karena perbedaan pendapat dan pandangan setiap orang pasti ada, tetapi jika dilakukan musyawarah yang baik tentunya akan terjadi sebuah mufakat. Definisi konflik sendiri tidak hanya secara umum saja. Akan tetapi terdapat beberapa definisi konflik menurut para ahli. Adapun beberapa pengertian konflik menurut para ahli yaitu meliputi:

Soerjono Soekanto
Konflik menurut Soerjono Soekanto ialah sebuah proses sosial antar golongan orang atau individu dimana pihak lawan ditantang dengan tambahan kekerasan dan ancaman untuk memperoleh tujuannya.

Ariyono Suyono
Makna konflik berdasarkan Ariyono Suyono ialah sebuah keadaan atau proses untuk meraih tujuan masing masing diantara kedua belah pihak dengan cara berusaha menggagalkannya karena dari setiap pihak memiliki desakan atau perselisihan dalam nilai nilai pendapatnya. Hal inilah yang menciptakan konflik berdasarkan jenisnya.

Siti Norma
Pengertian konflik berdasarkan Siti Norma ialah sebuah proses dalam mempertahankan eksistensi dan hidup yang tidak hanya berlangsung, namun apabila dilihat sebagai saingan atau lawan memiliki tujuan lain hingga ke tingkat pemusnahan eksistensi golongan atau orang lainnya.

Robert m. Z Lawang
Definisi konflik menurut Robert m. Z Lawang ialah suatu perjuangan untuk menggapai kekuasaan, status dan nilai, dimana mereka memiliki tujuan untuk menundukkan saingan dan memperoleh keuntungan.

Lewis A. Coser
Makna konflik menurut Lewis A. Coser ialah perjuangan mengenai desakan atau nilai yang sifatnya langka berdasarkan sumber daya, status dan kekuasaannya terkait melenyapkan, menetralkan dan melukai saingan.

Berstein
Pengertian konflik menurut Berstein ialah sebuah pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah. Jika dilakukan interaksi dengan orang lain, maka konflik dapat memberikan dampak negatif ataupun positif. 

A. J. Dubrin
Definisi konflik menurut A. J. Dubrin ialah hal yang mengarah ke perbedaan antar golongan atau individu untuk meningkatkan kegentingan karena pencapaian tujuan saling dihalangi.

P. W. Cummings
Konflik berdasarkan pendapat P. W. Cummings ialah sebuah proses interaksi sosial, dimana mereka memiliki tujuan tertentu sehingga terdapat pertentangan atau perselisihan antar dua golongan atau lebih maupun antar dua orang atau lebih. Inilah konflik berdasarkan jenisnya.

Jenis Jenis Konflik

Setelah menjelaskan tentang pengertian konflik, selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam konflik. Adapun beberapa jenis dari konflik yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Tipe Tipe Lembaga Sosial Beserta Contohnya Terlengkap

Konflik Intrapersonal
Jenis konflik yang pertama ialah konflik intrapersonal. Definisi konflik intrapersonal ialah konflik yang terjadi dalam diri orang tersebut. Ketika berlangsungnya konflik ini terdapat dua kemauan diwaktu yang sama dan tidak mungkin sekaligus dapat dipenuhi.

Konflik Interpersonal
Macam konflik selanjutnya ialah konflik interpersonal. Pengertian konflik interpersonal ialah perselisihan karena bertentangan keinginan dan kepentingan diantara seseorang dengan orang lain sehingga terdapat perbedaan kedudukan, status, bagian kerja dan sebagainya diantara dua orang tersebut. Dalam perilaku organisasi biasanya terdapat peran penting dinamika yang berupa konflik interpersonal tersebut.

Konflik Antar Perorangan
Jenis konflik selanjutnya ialah konflik antar perorangan. Inilah koflik berdasarkan jenisnya. Pengertian konflik antar perorangan ialah konflik yang terjadi diantara satu individu dengan individu lainnya atau bahkan lebih. Kebanyakan faktor penyebab konflik ini dalam organisasi adalah perbedaan perilaku dan watak masing masing orangnya. Untuk itu dalam organisasi pasti setiap anggotanya merasakan, baik disampaikan dalam bentuk sikap ataupun dirasakan oleh individualnya.

Konflik Antar Golongan
Macam konflik selanjutnya ialah konflik antar golongan. Definisi konflik antar golongan ialah konflik yang terjadi diantara golongan. Dalam organisasi sendiri pada umumnya terdapat golongan aktivitas yang tentunya memiliki perselisihan atau perdebatan tertentu. Untuk itu diantara pihak pihak yang berselisih terdapat pihak penghubung yang bernama manajer.

Konflik Antar Organisasi
Jenis konflik selanjutnya ialah konflik antar organisasi. Konflik berdasarkan jenisnya ini memiliki makna yakni sebuah konflik yang terjadi karena persaingan di pasar yang sama diantara organisasi atau perusahaan yang berbeda. Biasanya terjadinya konflik tersebut disebabkan oleh adanya sebuah lembaga yang tidak cocok dengan kemampuan dari organisasi tersebut.

Sekian penjelasan mengenai pengertian konflik beserta jenis jenis konflik lengkap. Konflik berdasarkan jenisnya tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti konflik intrapersonal, konflik interpersonal, konflik antar perorangan, konflik antar golongan, dan konflik antar organisasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *