Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Diposting pada

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran – Apakah anda tahu bagaimana cara menghitung pembagian pecahan campuran dan biasa? Apa yang dimaksud pecahan itu? Pengertian bilangan pecahan ialah bilangan yang terdiri dari penyebut dan pembilang. Operasi bilangan pecahan tidak hanya perkalian, penjumlahan dan pengurangan saja. Namun operasi bilangan pecahan juga memuat konsep pembagian juga. Dalam pembagian pecahan ini terdapat nilai hasil pembagan yang tidak semuanya kecil. Untuk itu hasil pembagiannya dapat lebih besar. Operasi pembagian tersebut pada dasarnya berhubungan dengan operasi perkalian pecahan.

Bilangan pecahan secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bilangan pecahan campuran dan pecahan biasa. Apakah anda tahu bagaimana cara menghitung pembagian pecahan biasa itu? Bagaimana cara menghitung pembagian pecahan campuran? Pecahan biasa dengan campuran pada dasarnya memiliki bentuk yang berbeda. Adapun contoh pecahan biasa tersebut yaitu ¼, ¾, ½, dan sebagainya. Kemudian untuk contoh pecahan campuran yaitu 2 ¼, 3 ½, 1 ¾ dan sebagainya. Meski bentuk kedua pecahan ini berbeda, namun konsep pengerjaannya hampir sama.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran
Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Bentuk bilangan pecahan pada dasarnya berwujud a/b, dimana nilai b ≠ 0. Dalam pecahan tersebut terdapat pembilang yang dinyatakan dalam a dan penyebut yang dinyatakan dalam b. Pecahan ini memiliki ketentuan pembagian yang berbeda dengan bilangan bulat. Hal ini dikarenakan dalam pembagian pecahan terdapat konsep perkalian pecahan di dalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung pembagian pecahan biasa dan cara menghitung pembagian pecahan campuran. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat sedikit perbedaan dalam pembagian bilangan bulat dan pembagian pecahan. Untuk itu kita perlu memahami operasi perkalian terlebih dahulu sebelum menerapkan perhitungan pembagian pecahannya. Pada dasarnya konsep pembagian pecahan secara umum dapat seperti di bawah ini:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Baca juga : Penjumlahan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Beserta Perkalian Lengkap

Rumus pembagian pecahan di atas dapat digunakan untuk menghitung pembagian antar pecahan, baik pecahan biasa maupun campuran. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara menghitung pembagian pecahan biasa dan cara menghitung pembagian pecahan campuran beserta contoh soal pembagian pecahan biasa dan contoh soal pembagian pecahan campuran. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pembagian Bilangan Pecahan Biasa

Cara melakukan pembagian pecahan biasanya dapat menggunakan konsep perkalian pecahan. Namun saat operasi perhitungannya berubah menjadi perkalian, maka pembilang dan penyebutnya dibalik posisinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pembagian pecahan biasa seperti di bawah ini:

1. Tentukan hasil dari Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran?

Jawab.
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Dalam cara menghitung pembagian pecahan biasa di atas dapat kita lihat bahwa terdapat pembalikan posisi pembilang dan penyebutnya pada pecahan 6/7 menjadi 7/6. Pembalikan posisi ini terjadi karena operasi hitungnya berganti menjadi perkalian pecahan. Jadi dalam operasi pembagian pecahan tersebut nilai 6/7 dibalik posisinya terlebih dahulu menjadi 7/6. Lalu dikalikan dengan 3/8 untuk menghasilnya nilai 7/16. Konsep perkalian pecahan tersebut sama seperti pada umumnya yaitu pembilang dikalikan pembilang dan penyebut dikalikan penyebut. 

2. Tentukan hasil dari Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran?

Jawab.
Contoh soal pembagian pecahan tersebut dapat diselesaikan menggunakan langkah langkah seperti di bawah ini:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Baca juga : Pengertian Diagonal Bidang Beserta Rumus dan Contoh Soal

Pembagian Bilangan Pecahan Campuran

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung pembagian pecahan biasa di atas. Selanjutnya saya juga akan membahas tentang cara menghitung pembagian pecahan campuran. Untuk menyelesaikan pembagian pecahan campuran tersebut dapat dilakukan dengan mengubah pecahan campuran tersebut ke dalam bentuk pecahan biasa terlebih dahulu. Setelah itu baru melakukan operasi pembagian seperti pada pecahan biasa. Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka saya akan membagikan contoh soal pembagian pecahan campuran seperti di bawah ini:

1. Tentukan hasil dari Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran?

Jawab.
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Contoh soal pembagian pecahan campuran di atas dapat diselesaikan dengan mengubah pecahan campuran 1 ¾ menjadi pecahan biasa 7/4. Setelah itu posisi pembilang dan penyebutnya dibalik hingga akhirnya berubah menjadi 4/7 ketika operasi hitungnya diganti perkalian. Konsep perkalian pecahan tersebut sama seperti pada umumnya yaitu pembilang dikalikan pembilang dan penyebut dikalikan penyebut hingga menghasilnya nilai akhir berupa 2/21.

2. Tentukan nilai dari 2 ¾ : 1 ¼?

Jawab.
Cara menghitung pembagian pecahan campuran di atas dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti berikut ini:
Cara Menghitung Pembagian Pecahan Biasa dan Campuran

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung pembagian pecahan biasa dan cara menghitung pembagian pecahan campuran. Pembagian pecahan secara umum dapat dilakukan dengan cara membalik posisi pembilang dan penyebut pecahannya ketika operasi hitungnya dirubah menjadi perkalian. Namun untuk pecahan campuran sebaiknya bentuknya diubah menjadi pecahan biasa terlebih dahulu agar pengerjaannya lebih mudah dilakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *