Contoh Teks Eksplanasi Tentang Peristiwa Alam

Diposting pada

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Peristiwa Alam – Hampir semua orang pernah membaca teks yang berisi penjelasan tentang suatu hal secara detail. Misalnya proses terjadinya banjir, tsunami, hingga tanah longsor yang notabenya merupakan bencana alam. Secara garis besar materi teks eksplanasi bisa kalian jumpai ketika berada di bangku SMP dan SMA. Cakupan pembahasan terkait kaidah kebahasaan, fungsi sosial, dan strukturnya dapat kalian pelajari dari buku LKS.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan artikel mengenai contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam. Beberapa waktu lalu, saya sempat memposting artikel serupa yaitu pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri teks eksplanasi, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Bagi Anda yang mungkin saja belum mengetahui penjelasan bagian tersebut, bisa baca artikel ini Contoh Teks Eksplanasi dan Penjelasannya.

Dalam artikel tersebut juga sudah saya berikan beberapa contoh teks eksplanasi singkat. Temanya pun tak terbatas pada peristiwa alam semata melainkan hal lain yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Saya tak akan mengulangi materi pokoknya melainkan hanya akan memberikan contoh bacaannya saja.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Peristiwa Alam

Sebenarnya contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam dengan mudah dapat kita temukan. Tanpa sadar, bacaan tersebut sudah dimuat dalam buku pembelajaran di sekolah. Sayangnya beberapa siswa masih kurang memahami materi bahasa indonesia satu ini. Akhirnya tak sedikit yang gagal ketika diminta menganalisa unsur-unsur ataupun membedakan teks eksplanasi dengan jenis lainnya.

Pengertian eksplanasi sendiri adalah sebuah bacaan yang di dalamnya memuat penjelasan mendetail tentang suatu hal atau event. Untuk menyusun sebuah teks eksplanasi tidaklah mudah karena penulis harus memperhatikan beberapa aspek penting. Mulai dari struktur, kaidah kebahasaan, sampai unsur-unsur yang harus disampaikan. Semua itu selanjutnya disusun menjadi sebuah teks dengan gaya bahasa yang menarik.

Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam menjadi salah satu bentuk nyata yang mudah kita jumpai. Biasanya penulis akan memasukan pengertian, lalu diikuti proses terjadinya, sebab-sebab, hingga akibat yang ditimbulkan dari fenomena alam itu sendiri. Nah, jika kebetulan kalian sedang mendapatkan tugas utuk membuat contoh teks eksplanasi singkat maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

Tsunami adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, meletusnya gunung berapi di bawah laut, longsor bawah laut, atau hantaman meteor di laut.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Peristiwa Alam
Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah, beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, semisal gunung Krakatau.

Gerakan vertikal pada kerak bumi dapat mengakibatkan dasar laut naik turun secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan gangguan kesetimbangan air yang ada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut yang ketika sampai pantai akan menjadi gelomang besar dan mengakibatkan terjadinya tsunami.

Baca Juga  Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Jika tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50km/jam dan energinya akan merusak daerah yang dilaluinya.

Saat di tengah laut, gelombang tsunami hanya kisaran centimener hingga beberapa meter saja. Namun ketika sudah mencapai pantai, tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai, tsunami akan masuk daratan yang jauh dari pantai dengan jangkauan ratusan meter bahkan kilometer. Gerakan ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar.

Tanah longsor yang terjadi di dasar laut dan runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan tsunami. Selain itu, gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menelusup dan menuju ke bawah lempeng benua. Akibatnya, dasar laut menjadi naik turun secara tiba-tiba sehingga mengganggu kesetimbangan air laut yang berada di atasnya.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Banjir adalah suatu fenomena alam berupa naiknya air di suatu kawasan sehingga menutupi permukaan kawasan tersebut. Banjir bisa dilihat sebagai bagian dari siklus hidrologi yaitu bagian air di permukaan bumi menuju ke laut. Malalui siklus hidrologi tersebut kita dapat melihat bahwa banyaknya air di permukaan bumi dipengaruhi oleh curah hujan serta penyerapan air ke tanah.

Secara alamiah, banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada daerah tangkapan. Secara non ilmiah, banjir dapat terjadi karena ulah manusia. Proses terjadinya banjir secara alamiah, seperti contoh turunnya hujan ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan, kemudian masuk ke permukaan tanah dan mengalir ke tempat yang lebih rendah, setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan darat.

Proses terjadinya banjir secara non alamiah adalah karena ulah manusia, seperti membuang sampah sembarangan yang akan mengakibatkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangan dan semakin lama akan semakin menguap, setelah itu akan meninggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Dengan terjadinya banjir secara alamiah dan non alamiah, tentu akan menyebabkan manusia mengalami kerugian karena dapat merendam tempat tinggal manusia.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel mengenai contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.