Pengertian Norma Sosial, Jenis, dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Norma Sosial, Jenis, dan Contohnya Terlengkap – Dalam kehidupan bermasyarakat akan ada tatanan peraturan yang berlaku. Aturan tersebut dikenal dengan nama norma sosial. Meski sudah ada dalam keseharian tapi faktanya masih banyak siswa yang tak tau definisi norma secara umum. Secara otomatis mereka pun juga tak tau ada berapa jenis norma sosial yang diterapkan oleh masyarakat.

Norma sendiri dapat diartikan sebagai sebuah aturan tak terlihat maupun tertulis. Tujuan utama dibuatnya aturan ini adalah untuk menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat. Tanpanya, kita akan terpecah belah dan terjadi kekacauan di semua aspek kehidupan.

Pengertian Norma Sosial, Jenis Jenis dan Contohnya Terlengkap
Norma Sosial

Norma secara umum memang dapat diartikan sebagai sebuah peraturan hidup di dalam kehidupan masyarakat yang terus mengalami perkembangan. Sehingga kehidupan manusia dapat ditata dan dikendalikan agar tak menyimpang dari garis kebenaran. Dari penjelasan ini tentunya terdapat gambaran sedikit mengenai pengertian norma sosial, jenis jenis norma sosial, dan contoh norma sosial.

Apa yang terjadi jika masyarakat ternyata tak mentaati aturan tersebut? Ini pertanyaan yang cukup menarik. Karena merupakan peraturan tak tertulis maka sanksinya pun juga bukan hukuman pidana/kurungan. Sanksi yang didapatkan lebih pada perlakuan serta pengakuan kalian dalam hidup bermasyarakat. Terlebih lagi norma sosial bersifat mengikat dan memiliki tingkatan sendiri-sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, jenis-jenis norma, dan contoh norma sosial terlengkap.

Pengertian Norma Sosial, Jenis, dan Contohnya Terlengkap

Materi yang mengajarkan tatanan hidup bermasyarakat sebenarnya bisa kita temukan dalam pembelajaran sosiologi di sekolah. Pembahasan lengkapnya pun juga ada pada buku pedoman serta LKS. Sayangnya beberapa siswa mengalami kesulitan untuk menghafal apa saja jenis dan contoh norma sosial masyarakat. Padahal materi tersebut sering kali muncul sebagai butir soal ujian yang menyulitkan untuk dijawab.

Definisi norma sosial secara umum ialah seperangkat panduan atau aturan hidup yang berlaku di tengah masyarakat dan umumnya berbentuk tidak tertulis. Biasanya secara luas, norma sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan tindakan seseorang. Jika kehidupan masyarakat tidak disertai dengan norma, maka dapat menimbulkan kekacauan dan kesemprawutan. Setiap tempat, daerah, maupun kota memiliki normanya masing-masing dan kita tak bisa melihatnya sama rata. Sifatnya pun kontkstual, periodik, dan spesifik mengikuti arus perkembangan jaman.

Baca juga : Pengertian Biografi, Struktur dan Jenis Jenisnya

Selain itu adapula pendapat lain mengenai pengertian norma sosial yaitu sebuah perangkat aturan yang diikuti dengan sanksi sehingga kehidupan sosial anggota masyarakatnya dapat dipandu, baik tidak tertulis ataupun tertulis. Makna norma sosial secara sederhana ialah sebuah aturan untuk membuat sebuah tindakan menjadi normal atau sosial. Seperangkat aturan dalam norma tersebut dapat digunakan untuk mengatur, mempengaruhi, menentukan dan memandu tindakan seseorang. Selain itu adapula yang menyebutkan bahwa norma masih termasuk dalam struktur sosial.

Pengertian Norma Sosial

Jika kita mempelajari norma, maka dapat diartikan bahwa kita juga mempelajari struktur sosial di dalamnya. Sehingga bentuk pola yang terlihat dalam tindakan masyarakat menjadi lebih teratur. Apabila terdapat pelanggaran, maka akan mengganggu sistem sosial itu sendiri. Namun jika terdapat ketaatan terhadap norma, maka berlangsungnya norma sosial juga akan sebagaimana mestinya. Dari sinilah kita tahu bahwa peran norma memang cukup penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut pendapat Sosiolog Emile Durkheim menjelaskan bahwa masyarakat akan menjadi chaos jika tidak memiliki norma. Hal ini dikarenakan dalam keteraturan sistem sosial terdapat anomali yang bernama kekacauan. Selain itu Durkheim juga menyatakan definisi norma sosial sebagai keadaan tanpa aturan, anomalie, tanpa keteraturan dan tanpa norma.

Fungsi Norma Sosial

Lantas sebenarnya apa fungsi norma sosial? pertanyaan ini sebenarnya cukup sepele. Setiap orang pasti sudah mengetahui apa fungsi dan manfaatnya meski tidak keseluruhan. Secara garis besar kita bisa menyebutkan norma berfungsi untuk mengatur tingkah laku seseorang dalam suatu kelompok. Tapi, jika dijabarkan lebih lanjut fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pedoman hidup didalam masyarakat di waktu dan lokasi yang lebih spesifik.
  2. Memberi ikatan peraturan kepada masing masing anggota masyarakat sehingga akan dikenakan sanksi jika dilanggar. Dalam hal ini terdapat perbedaan tingkatan sanksi yang diberikan.

Setiap anggota masyarakat memiliki perbedaan yang diikat dalam kekuatan norma. Untuk itulah ikatan norma ada yang longgar dan adapula yang kuat. Jika ikatan norma semakin kuat, maka kecenderungan orang untuk melanggarnya akan semakin lemah dan sebaliknya. Kita harus mengetahui macam macam norma sosial terlebih dahulu untuk dapat melihat seberapan kuat sanksi norma dan apa saja tingkatan dari norma itu sendiri.

Baca juga : 10 Senjata Tradisional Bali Beserta Gambar dan Penjelasan Terlengkap

Jenis-Jenis Norma Sosial

Dari awal sudah saya terangkan bahwa ada banyak sekali jenis norma sosial yang berkembang di tengah masyarakat. Aturan tersebut terus mengalami perubahan menyesuaikan kebutuhan, keadaan, dan perkembangan jaman. Tak hanya mengatur tatakrama dan sopan santun saja tapi peraturannya telah meramban ke berbagai aspek kehidupan.

Meski guru tak menyampaikan semua jenis norma sosial masyarakat tapi bukan berarti kalian tak harus mempelajarinya. Sebagai siswa, justru kita memiliki tanggung jawab besar untuk memelihara aturan hidup tersebut tetap terjaga. Oleh karenanya, dalam sesi ini saya ingin menjelaskan lebih dalam tentang peraturan dasar yang hidup bermasyarakat.

Norma Fashion

Jenis norma pertama yang harus kalian ketahui adalah fashin atau mode berpakaian. Norma ini dapat berupa perilaku yang tampak dari luar telah meniru penampilan seseorang. Norma fashion dapat diartikan sebagai sebuah referensi mode yang tampak dari luar oleh penirunya. Adapun contoh norma sosialnya yaitu seperti didalam kalangan anak punk cenderung mengenakan kaos hitam dan senang berkumpul bersama. Selain itu adapula contoh mode lainnya seperti rambut undercut, celana cutbray, sepeda fixie, dan sebagainya.

Contoh menyimpang dari norma fashion sebenarnya bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan. Misalnya wanita yang mengenakan pakaian ketat sampai memperlihatkan bentuk tubuhnya. Hal ini bisa menimbulkan fitnah maupun niat jahat sehingga tak bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya, selama apa yang kalian kenakan masih bisa diterima oleh budaya maka tidak menjadi masalah. 

Norma Usage

Pada dasarnya usage mengacu pada sebuah tindakan/perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Pengertian norma sosial kategori usage ialah sebuah cara melakukan suatu hal atau bentuk dari suatu perbuatan. Sanksi yang dimiliki oleh norma ini tergolong lemah. Umumnya, pelanggar hanya akan mendapatkan celaan dari masyarakat ketika salah dalam perbuatannya. Dalam beberapa kasus, celaan tersebut bisa bertambah buruk sesuai perbuatan yang kalian lakukan

Adapun contohnya yaitu norma yang berlaku saat makan. Terkadang terdapat suara ting ting ting dalam penggunaan sendok makan. Meski terkadang orang sering melakukannya, namun cara makan ini terdengar berisik dan tidak elok. oleh karenanya cara makan seperti ini sering dicela oleh beberapa orang.

Lain halnya di belahan bumi bagian barat yang mencela cara makan orang indonesia khususnya jawa yang notabenya menggunakan tangan. Norma sosial di benua amerika dan eropa mengharuskan orang makan menggunakan sendok. Sedangkan kebiasaan orang indonesia di mata mereka terlihat sangat menjijikan dan tidak higienis.

Norma Folkways (Kebiasaan)

Jenis norma sosial selanjutnya berkenaan langsung dengan kebiasaan yang dimiliki oleh seorang individu. Dalam bahasa inggris kalian bisa menyebutnya sebagai folkways. Menurut saya pribadi mempelajari kebiasaan baik yang telah dicontohkan secara turun temurun merupakan hal yang penting. Misalnya, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat indonesia untuk bertegur salam ketika berpapasan, menghormati yang lebih tua, dan lain sebagainya.

Adapun contoh norma sosialnya yaitu kebiasaan mencium tangan orang yang lebih tua saat bertemu. Namun jika saat bertemu dengan orang lain namun tidak berjabat tangan, maka dapat dikatakan orang tersebut tidak memiliki kebiasaan baik. Pada akhirnya akan terdapat sebuah teguran yang diterima sebagai bentuk hukuman. Beberapa orang juga mendapatkan sanksi dikucilkan oleh kelompok masyarakat karena memiliki kebiasaan buruk.

Mores

Jenis norma sosial selanjutnya ialah mores. Norma ini dapat dinamakan sebagai tata kesusilaan atau kelakuan menurut sosiologis. Pengertian norma sosial seperti tata kelakuan ialah sebuah norma yang mengatur kebiasaan dalam masyarakat. Misalnya sebutan bapak atau ibu untuk memanggil orang tua kita sehingga tidak memanggil namanya.

Namun jika nama orang tua saja kita panggil, maka kita akan disebut sebagai bocah gendeng. Perbuatan seperti ini tergolong dilarang dalam masyarakat. Untuk itulah terdapat tata kelakuan yang berlaku untuk disesuaikan dan dituntut kepada kita dari mereka.

Baca juga : 16 Pengertian Etika Menurut Para Ahli Nasional dan Internasional

Norma Agama

Seharusnya jenis norma sosial yang satu ini sudah sangat familiar di benak kalian. Norma agama dapat dikatakan sebagai hubungan manusia dengan Tuhan secara vertikal yang memiliki ikatan langsung. Norma tersebut dapat berupa anjuran, perintah, dan larangan Tuhan untuk manusia.

Dalam konteks kehidupan nyata, batasan norma sosial lainnya pun banyak yang mengambil referensi dari norma agama. Bisa dibilang agama merupakan pondasi utama yang menopang cara hidup manusia.

Contohnya pun bisa kita jumpai hampir di semua aspek. Misalnya di sebuah masyarakat tertentu terdapat perintah agama untuk menutup aurat. Ada pula yang mengajarkan untuk saling bertoleransi antar umat beragama agar tidak terjadi perpecahan.

Norma Hukum

Jenis norma sosial selanjutnya ialah norma hukum. Di dunia ini terdapat sanksi norma hukum yang paling berat. Bagi pelanggar norma hukum akan memiliki sanksi berupa hukuman yang disesuaikan dengan perbuatannya. Adapun contoh norma sosialnya yaitu perbuatan pelanggaran hukum seperti mencuri. Hukuman atas perbuatan ini tentunya penjara.

Sekian penjelasan mengenai pengertian norma sosial, jenis jenis norma sosial dan contoh norma sosial. Pada umumnya perbuatan manusia yang dianggap manusiawi atau normal dapat dijamin oleh sebuah norma. Namun kemapanan sistem sosial dapat terganggu jika norma dilanggar. Pada kenyataannya tidak semua anggota masyarakat mematuhi norma sosial dengan sepenuhnya. Untuk itulah terdapat perubahan dan dinamika sosial yang tercipta dalam pelanggaran norma. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Tradisi Hindu di Masyarakat Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.