Alat yang Termasuk Golongan Bidang Miring Adalah

Diposting pada

Alat yang Termasuk Golongan Bidang Miring Adalah – Apakah anda pernah merasakan kesulitan dalam beberapa hal? Misalnya ketika kita mengangkat sebuah benda dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Bisa pula ketika kita memindahkan barang dari satu tempat menuju tempat lainnya. Jika anda pernah mengalami hal ini tentunya bagaimana cara mengatasinya? Semua kesulitan ini dapat dipermudah menggunakan alat yang bernama pesawat sederhana. Apa itu pesawat sederhana?

Pengertian pesawat sederhana adalah alat yang berguna untuk membuat pekerjaan atau usaha yang dilakukan menjadi lebih mudah. Pesawat sederhana ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti bidang miring, katrol, pengungkit, dan roda berporos. Pesawat sederhana ini memiliki konsep untuk mengubah arah atau besar gaya dan berguna untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Lalu alat yang termasuk golongan bidang miring adalah apa saja?

alat yang termasuk golongan bidang miring adalah
Contoh Penerapan Bidang Miring pada Alat

Apa itu bidang miring? Pengertian bidang miring adalah sebuah bidang yang memiliki salah satu permukaan lebih tinggi dibandingkan lainnya. Bidang miring ini memiliki konsep untuk mengubah besar gaya dan arah gaya. Kita dapat menemukan contoh penerapan bidang miring dalam sekrup maupun baji. Apa saja contoh bidang miring itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alat yang termasuk golongan bidang miring adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Alat yang Termasuk Golongan Bidang Miring Adalah

Pengertian bidang miring beserta rumus dan contoh soalnya telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Contoh bidang miring seperti baju biasanya diterapkan dalam alat seperti kapak dan alat pemotong kayu lainnya. Baji tersebut memiliki dua bidang miring yang berguna untuk memmbelah sesuatu. Biasanya manusia menggunakan bidang miring ini untuk mempermudah usaha. Alat tersebut berguna untuk membuat dua tepat dihubungkan, meskipun berbeda ketinggiannya.

Baca Juga  Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Kebanyakan bidang miring digunakan untuk memindahkan benda sehingga benda dapat digerakkan dengan mudah. Suatu benda dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lebih tinggi menggunakan proses bidang miring sehingga akan terasa ringan. Berbeda jika benda tersebut langsung diangkat, maka akan terasa berat ketika dipindahkan. Lalu alat yang termasuk golongan bidang miring adalah apa saja?

Bagaimana prinsip kerja bidang miring? Bidang miring memiliki prinsip kerja yaitu menambah atau memperbesar jarak agar usahanya dikurangi. Benda tersebut akan ditambah jarak tempuhnya menggunakan permukaan datar, dimana salah satu ujungnya dibuat lebih tinggi sehingga dari atas tanah akan terbentuk sudut kemiringan. Disepanjang permukaan tersebut benda digerakkan sehingga berpindah posisi dari rendah ke tinggi ataupun sebaliknya.

Perhatikan gambar di bawah ini?

alat yang termasuk golongan bidang miring adalah

Alat yang termasuk golongan bidang miring adalah . . .
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan C. 2.

Dari sini kita dapat disimpulkan bahwa alat yang termasuk golongan bidang miring adalah pisau. Seperti yang kita tahu bahwa bidang miring adalah alat yang memiliki permukaan miring untuk memudahkan pekerjaan manusia. Permukaan bidang miring yang semakin landai akan membuat gaya kuasa yang dikeluarkan semakin kecil.

Alat yang termasuk golongan dalam bidang miring menurut prinsip kerjanya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk seperti:

  • Pisau
  • Baji
  • Paku
  • Jarum
  • Tangga
  • Dongkrak
  • Pahat
  • Sekrup
  • Jalanan pegunungan
  • Kampak