Apa Saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku Mencair dan Menguap

Diposting pada

Apa Saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku Mencair dan Menguap – Pada umumnya kita pasti akan menemukan berbagai jenis benda. Apa itu benda? Benda adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan berwujud sehingga dapat ditemukan di sekitar kita. Benda menurut wujudnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu benda gas, benda padat, dan benda cair. Benda benda tersebut memiliki karakteristik atau ciri cirinya sendiri.

Setiap benda memang berbeda, mulai dari perubahan bau, bentuk, hingga warnanya. Benda benda yang kita temui ini dapat berubah wujud karena didinginkan atau dipanaskan dengan suhu tertentu. Benda yang mengalami perubahan wujud ini memiliki sifat yang selamanya atau sementara. Perubahan wujud benda tersebut dapat berupa membeku, mencair, ataupun menguap. Lantas apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku mencair dan menguap?

Seperti yang kita tahu bahwa pengertian zat padat, gas, dan cair telah kita bahas dalam pembelajaran sebelumnya. Ketiga zat atau benda ini berbeda, namun dapat didinginkan atau dipanaskan pada suhu tertentu. Apa yang dimaksud perubahan wujud benda? Apa itu membeku? Apa itu menguap? Apa itu mencair? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku mencair dan menguap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku Mencair dan Menguap

Apa itu perubahan wujud benda? Pengertian perubahan wujud benda adalah peristiwa sebuah benda yang memungkinkan wujudnya bisa berubah dan dapat dikembalikan lagi sesuai sifat semula. Perubahan wujud benda ini memang dapat berbentuk mencair, membeku, maupun menguap. Selain itu masih adapula jenis perubahan wujud benda lainnya yaitu mengkristal, menyublim dan mengembun.

Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku mencair dan menguap? Hal yang akan saya bahas ini berhubungan dengan penyebab peristiwa membeku, penyebab peristiwa mencair, dan penyebab peristiwa menguap. Pengertian mencair adalah peristiwa perubahan wujud benda dari padat ke cair. Kemudian untuk pengertian membeku adalah peristiwa perubahan wujud benda dari cair ke padat.

apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku mencair dan menguap
Perubahan Wujud Benda

Adapula pengertian menguap adalah peristiwa perubahan wujud benda dari cair ke gas. Ketiga peristiwa ini disebabkan oleh faktor tertentu. Jika membahas tentang materi membeku, menguap dan mencair pasti kita akan menemukan salah satu soal seperti di bawah ini:

Baca Juga  Pada Masa Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia Sedang Dijajah Oleh

Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku mencair dan menguap?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah peristiwa membeku disebabkan oleh pelepasan atau pendinginan panas pada zat cair. Zat cair yang melepaskan panas ini sampai suhunya turun ke titik beku akan membuat pembekuan pada zat tersebut. Kemudian untuk peristiwa mencair dan menguap disebabkan oleh pemanasan zat padat dan cair. Zat cair yang dipanaskan akan membuat penguapan menjadi gas, sedangkan zat padat yang dipanaskan akan membuat pencairan menjadi air.

Dari jawaban di atas kita dapat menyimpulkan bahwa peristiwa membeku, menguap, dan mencair disebabkan oleh hal di bawah ini:

  • Terjadinya membeku saat benda tersebut didinginkan sampai suhunya turun ke titik beku sehingga zat cair ini berubah menjadi zat padat. Contohnya pendinginan air menjadi es.
  • Terjadinya mencair saat benda tersebut dipanaskan sampai suhunya naik ke titik leleh atau titik cair sehingga zat padat berubah menjadi zat cair. Contohnya margarin yang dipanaskan menjadi cair di atas wajan.
  • Terjadinya menguap saat benda tersebut di panaskan sampai suhunya naik ke titik didih sehingga zat cair ini dapat berubah menjadi zat gas. Contohnya pemanasan air menjadi uap air.

Dari sini kita dapat menjawab apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku mencair dan menguap. Jika suhu benda meningkat (memanas), maka panas akan diserap oleh benda tersebut. Kalor yang diserap ini akan menyebabkan perubahan wujud benda seperti mencair atau meleleh (padat ke cair), menguap atau mendidih (cair ke gas), maupun menyublim (padat ke gas).

Apabila suhu sebuah benda menurun (mendingin), maka panas akan dilepaskan oleh benda tersebut. Kalor yang dilepas ini akan menyebabkan perubahan wujud benda seperti mengembun (gas ke cair), membeku (cair ke padat), maupun kondensasi (gas ke padat). Berbeda lagi jika benda tersebut suhunya tetap, maka tidak akan terjadi pelepasan atau penyerapan kalor.