Jarak dari Pusat ke Keliling Lingkaran disebut

Diposting pada

Jarak dari Pusat ke Keliling Lingkaran disebut – Dalam ilmu Matematika tentunya kita sering menjumpai unsur unsur lingkaran dalam kehidupan sehari hari. Lingkaran adalah salah satu jenis bangun datar yang tidak mempunyai titik sudut serta dapat dikenali atau dibedakan dengan bangun datar lainnya yang sangat mudah. Apa yang dimaksud lingkaran itu? Lingkaran merupakan sebuah kurva tertutup yang memiliki titik di semua bagiannya dengan jarak yang sama antar titik menuju titik pusatnya.

Lingkaran ini termasuk bangun dua dimensi yang memiliki keliling dan luas. Rumus luas dan keliling lingkaran tersebut telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Cara menghitung lingkaran dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa unsur di dalamnya. Unsur unsur tersebut dapat berupa jari jari lingkaran, tali busur, diameter, tembereng, apotema, dan busur lingkaran. Lantas jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut apa?

Seperti yang kita tahu bahwa pengertian lingkaran dalam ilmu Matematika dapat dirumuskan sebagai himpunan beberapa titik. Lingkaran ini memiliki semua titik yang sama jaraknya dengan titik titik tertentu. Titik tertentu yang dimaksud adalah pusat lingkaran, sedangkan titik yang jaraknya sama merupakan jari jari. Jari jari tersebut merupakan ukuran panjang atau ruas garis yang menghubungkan titik pada lingkaran dengan titik pusatnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jarak dari Pusat ke Keliling Lingkaran disebut

Seperti yang kita tahu bahwa pengertian lingkaran secara umum adalah salah satu jenis bangun datar dua dimensi. Lingkaran ini memiliki sekumpulan titik yang membentuk suatu lengkungan dengan panjang terhadap titik pusatnya sama. Bangun datar tersebut memiliki unsur unsur lingkaran yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Bangun lingkaran memang memiliki ciri khas yaitu tidak mempunyai titik sudut dan tidak memiliki siku siku. Kita dapat menemukan benda berbentuk lingkaran disekeliling rumah seperti jam dinding, ban motor, ban mobil, koin, alas cangkir dan masing banyak lagi. Bangun lingkaran ini memiliki salah satu ciri yaitu jumlah sudut di dalamnya memiliki besar 360 derajat dengan diameter yang dapat dibagi menjadi dua sisi seimbang bersudut 180 derajat. Lalu jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut apa?

Baca Juga  Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya

Jika membahas lebih lanjut mengenai materi lingkaran tersebut kita pasti menjumpai beberapa bentuk pertanyaan di dalamnya. Misalnya saja panjang seluruh lengkung lingkaran disebut apa. Jawaban dari pertanyaan ini dapat anda cek dalam artikel lingkaran sebelumnya. Selain pertanyaan tersebut masih ada pertanyaan lain yang berhubungan dengan unsur unsur lingkaran yaitu diantaranya:

Jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah jari jari lingkaran.

Jari jari lingkaran merupakan jarak antara titik pusat ke titik titik lingkaran. Selain jari jari, lingkaran juga memiliki beberapa bagian/unsur di dalamnya. Adapun bagian bagian lingkaran tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pusat lingkaran adalah titik yang berada di bagian tengah tepat pada bangun lingkaran. Titik pusat dengan setiap titik tepi lingkaran memiliki jarak yang sama.
  • Jari jari lingkaran adalah panjang jarak pada titik pusat menuju sembarang titik di bagian tepi lingkaran.
  • Diameter lingkaran adalah garis penghubung antara dua titik pada tepi lingkaran yang melalui titik pusat.
  • Tembereng adalah daerah lingkaran yang berasal dari busur dan tali busur lingkaran.
  • Juring adalah daerah yang berasal dari busur dan dua jari jari lingkaran.
  • Busur adalah garis lengkungan pada bagian tepi lingkaran.
  • Tali busur adalah garis penghubung dua titik pada lingkaran tanpa melalui titik pusatnya.
  • Apotema adalah garis yang menghubungkan pusat dengan tali busur lingkaran yang terpendek.
jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut
Gambar Bagian Bagian Lingkaran

Inilah beberapa penjelasan mengenai unsur unsur lingkaran untuk menjawab pertanyaan jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut apa. Selain unsur tersebut, saya akan mengulas sedikit mengenai rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran. Adapun rumus lingkaran yang digunakan yaitu sebagai berikut:

Luas lingkaran = π x r² atau ¹/₄ x π x d²
Keliling lingkaran = 2 x π x r atau π x d

Keterangan :
π = phi yang bernilai 22/7 atau 3,14
r = Jari jari lingkaran
d = Diameter lingkaran

Demikianlah penjelasan mengenai jarak dari pusat ke keliling lingkaran disebut apa. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah jari jari lingkaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.