Teks Yang Disusun Setelah Melakukan Kegiatan Eksperimen atau Percobaan Adalah

Diposting pada

Teks Yang Disusun Setelah Melakukan Kegiatan Eksperimen atau Percobaan Adalah – Teks laporan percobaan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama saat melakukan penelitian. Kita dapat menemukan contoh teks laporan percobaan yang banyak sekali terdapat dalam buku pedoman maupun diinternet. Apa itu teks laporan percobaan? Pengertian teks laporan percobaan adalah teks yang berisi tujuan, hasil dan proses dari suatu percobaan.

Tujuan penulisan teks laporan percobaan sendiri telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Tetapi kita dapat menemukan fungsi teks laporan percobaan tersebut sebagai teks yang berguna untuk melaporkan hasil praktikum, percobaan, maupun karya ilmiah. Seperti yang kita tahu bahwa teks laporan percobaan secara umum memang berguna untuk memmberikan laporan terkait hasil eksperimen, laporan praktikum, ataupun hasil percobaan yang didalamnya terdapat paparan proses, bahan, dan alat percobaan itu sendiri. Lantas teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah apa?

Teks Yang Disusun Setelah Melakukan Kegiatan Eksperimen atau Percobaan Adalah
Laporan Percobaan

Pelaksanaan percobaan tersebut dilakukan kepada sebuah objek untuk memberikan perlakuan khusus. Biasanya percobaan yang dilakukan oleh kelompok atau seseorang akan memiliki dugaan terkait hipotesis atau hasil tertentu. Hipotesis inilah yang nantinya akan dibuktikan dan diuji dalam kegiatan percobaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teks Yang Disusun Setelah Melakukan Kegiatan Eksperimen atau Percobaan Adalah

Teks laporan percobaan sebenarnya memang tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Tetapi kita juga dapat menemukan perbedaan diantara kedua teks ini jika dicermati dengan saksama yaitu pada pelaksanaan proses eksperimennya. Percobaan sendiri bertujuan untuk memahami materi tertentu menggunakan cara eksperimen.

Pelaksanaan eksperimen ini menggunakan cara pengamatan yang berguna untuk mengenali sebab akibat yang berhubungan dengan gejala tertentu. Maka dari itu teks laporan percobaan berisi tentang pemaparan proses, percobaan, dan tujuannya yang dibuat sistematis. Lantas teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah apa? Teks laporan hasil percobaan juga memiliki beberapa ciri didalamnya. Adapun ciri ciri teks laporan percobaan yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap
  • Isinya tentang laporan percobaan.
  • Pelaksanaan percobaan ilmiah berguna untuk menguji suatu hal.
  • Teks laporan percobaan ini diawali dengan menjelaskan tujuan percobaan.
  • Menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan.
  • Menjelaskan prosedur dalam melakukan pengamatan dan percobaan.
  • Menjelaskan hasil percobaan yang dicatat.
  • Bagian akhir laporannya berisi penjelasan tentang kesimpulan hasil percobaan sesuai dengan hasil analisis data pengamatan.

Jika membahas lebih lanjut mengenai materi teks laporan percobaan tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah teks laporan hasil percobaan.

Penyusunan teks laporan percobaan memang berasal dari kegiatan percobaan atau eksperimen yang dilakukan. Maka dari itu teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah teks laporan percobaan.

Laporan yang dibuat memiliki isi yang selanjutnya dituangkan dalam berbagai struktur yang disediakan. Struktur teks laporan percobaan yang dimaksud adalah pendahuluan, kata pengantar, metode, latar belakang, hasil, landasan teori, simpulan, hipotesis dan sebagainya. Jenis teks ini berisi tiga aspek utama terkait informasi tertentu seperti metode percobaan, tujuan, dan hasil dari kegiatan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.