Faktor Dari 42 Adalah

Diposting pada

Faktor Dari 42 Adalah – Ketika dibangku sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi faktor bilangan. Materi ini cukup penting untuk dikuasai karena menjadi dasar dari pemahaman kita terkait adanya FPB atau faktor persekutuan terbesar maupun KPK atau kelipatan persekutuan terkecil. Apa itu faktor bilangan? Pengertian faktor bilangan adalah sebuah bilangan bulat yang bisa membagi bilangan lainnya sampai habis.

Cara menentukan faktor bilangan sendiri telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Faktor bilangan pada dasarnya memang berhubungan dengan adanya bilangan bulat. Bilangan bulat secara umum tersusun dari bilangan negatif (-1,-2, -3, . . .) maupun bilangan cacah (0, 1, 2, 3, . . .). Mengapa bilangan nol tidak termasuk bilangan negatif? Hal ini dikarenakan nilai -0 tersebut sama dengan 0 positif sehingga pemasukannya dalam bilangan tidak lagi terpisah. Lantas coba sebutkan faktor dari 42 adalah berapa?

faktor dari 42 adalah
Cara Mencari Faktor Bilangan

Bilangan bulat yang berhubungan dengan faktor bilangan ini dapat ditulis tanpa menggunakan komponen pecahan maupun desimal. Contohnya bilangan 1 yang tidak perlu ditulis menjadi 1,0 atau bilangan -3 tanpa ditulis menjadi -3,0. Faktor bilangan dalam Matematika sering kali disamakan dengan faktor prima maupun faktorisasi prima. Meskipun istilahnya hampir sama, namun ketiga hal ini berbeda. Apa perbedaan faktor, faktor prima, dan faktorisasi prima itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban dari pertanyaan faktor dari 42 adalah berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Faktor Dari 42 Adalah

Faktor merupakan bilangan tertentu yang bisa membagi sebuah bilangan sampai habis. Kita dapat mengatakan bilangan a sebagai faktor bilangan b, apabila a dapat membagi b sampai habis. Namun a dan b memiliki ketentuan harus termasuk bilangan asli. Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka perhatikan cara menentukan faktor dari bilangan 8 di bawah ini:

Baca Juga  Rumus Luas Permukaan dan Volume Limas (Rumus Sederhana)

Bilangan 8 adalah bilangan yang termasuk hasil dari perkalian
1 x 8 = 8
2 x 4 = 8
4 x 2 = 8
8 x 1 = 8
Dari hasil perkalian di atas, kita dapat menemukan faktor dari bilangan 8 yaitu 1, 2, 4, dan 8.

Setelah memahami hasil di atas, coba sebutkan faktor dari 42 adalah berapa? Selain faktor bilangan sebenarnya adapula faktor persekutuan. Faktor persekutuan sendiri merupakan faktor faktor dari dua atau lebih bilangan yang nilainya sama. Penerapan faktor bilangan ini biasanya digunakan untuk menentukan FPB atau Faktor Persekutuan Besar pada suatu bilangan. Cara mencari FPB ini dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya.

Agar anda lebih paham mengenai materi faktor bilangan tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Faktor dari 42 adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, dan 42.

Pembahasan.
Untuk menentukan faktor bilangan 42, kita dapat menggunakan konsep perkalian dengan bilangan asli yang menghasilkan bilangan 42. Maka dari itu hasilnya akan seperti berikut:
1 x 42 = 42
2 x 21 = 42
3 x 14 = 42
6 x 7 = 42
7 x 6 = 42
14 x 3 = 42
21 x 2= 42
42 x 1 = 42
Jadi faktor dari 42 adalah 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, dan 42.

Faktor merupakan bilangan yang bisa membagi bilangan lainnya sampai habis. Berbeda lagi dengan kelipatan adalah perkalian bilangan secara berurutan yang berisi bilangan asli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.