Sebutkan Organisasi Organisasi Pergerakan Nasional yang Bersifat Kedaerahan

Diposting pada

Sebutkan Organisasi Organisasi Pergerakan Nasional yang Bersifat Kedaerahan – Apa yang dimaksud pergerakan Nasional? Pengertian pergerakan Nasional adalah titik bangsa Indonesia yang saling bersatu melawan penjajah. Perlawanan ini sebelumnya dilakukan dengan sifat kedaerahan dan pelaksanaannya belum serempak. Pada akhirnya perlawanan yang bersifat kedaerahan banyak mengalami kegagalan.

Lantas sebutkan organisasi organisasi pergerakan nasional yang bersifat kedaerahan tersebut? Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang latar belakang lahirnya pergerakan Nasional di Indonesia. Gerakan nasionalisme di Indonesia lahir karena beberapa faktor internal seperti keadaan sosial politik Indonesia. Kemudian adapula faktor eksternal terbentuknya pergerakan Nasional yaitu bersatunya organisasi etnis keagamaan dan kedaerahan di Indonesia.

Sebutkan Organisasi Organisasi Pergerakan Nasional yang Bersifat Kedaerahan
Organisasi Pergerakan Nasional

Organisasi yang memiliki latar belakang etnis akan membuat kekuatan para rakyat saling bersatu untuk melawan penjajahan. Organisasi pergerakan Nasional merupakan suatu gerakan masyarakat Indonesia yang bertujuan untuk memperbaiki keadaan dan nasib rakyat Indonesia serta ingin memperoleh kemerdekaan Nasional. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban terkait pertanyaan sebutkan organisasi organisasi pergerakan nasional yang bersifat kedaerahan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan Organisasi Organisasi Pergerakan Nasional yang Bersifat Kedaerahan

Seperti yang kita tahu bahwa latar belakang terbentuknya pergerakan Nasional adalah kesadaran akan kesengsaraan dan penderitaan bersama ketika masyarakat Indonesia dijajah oleh bangsa lain. Maka dari itu dengan adanya pergerakan Nasional diharapkan penderitaan masyarakat Indonesia dapat diakhiri, kondisi negara menjadi lebih baik, dan terjadi perubahan yang lebih baik lagi.

Lantas coba sebutkan organisasi organisasi pergerakan nasional yang bersifat kedaerahan? Pada dasarnya munculnya organisasi pergerakan Nasional disebabkan oleh beberapa faktor penting seperti faktor luar negeri dan faktor dalam negeri. Organisasi pergerakan Nasional bertujuan untuk menggapai kemerdekaan bangsa Indonesia sehingga dapat terbebas dari belenggu pihak kolonial asing ataupun penjajah yang merugikan bangsa.

Baca Juga  Langkah Awal yang Dilakukan Oleh Soeharto Selaku Pengemban Supersemar Adalah

Dalam organisasi pergerakan Nasional terdapat sekelompok orang yang memiliki struktur keanggotaan resmi. Selain itu tujuan dari oragnisasi tersebut untuk memperjuangkan kepentingan bersama atas nama bangsa Indonesia. Meskipun organisasi pergerakan Nasional yang lama mulai melemah ataupun tumbang, namun dalam jangka waktu tertentu akan muncul organisasi pergerakan Nasional baru yang lebih kuat. Setelah memahami sedikit apa itu organisasi pergerakan Nasional, coba kerjakan soal di bawah ini:

Sebutkan organisasi organisasi pergerakan nasional yang bersifat kedaerahan?

Jawaban.
Di bawah ini terdapat macam macam organisasi pergerakan Nasional yang bersifat kedaerahan yaitu:

  1. Jong Sumatranen Bond
  2. Jong Minahasa
  3. Pemuda Betawi
  4. Sekar Rukun
  5. Tri Koro Dharmo (berubah menjadi Jong Java)
  6. Jong Ambon
  7. Jong Batak
  8. Jong Celebes
  9. Pemuda Timor

Dari pembahasan di atas tentunya anda dapat menjawab pertanyaan tentang sebutkan organisasi organisasi pergerakan nasional yang bersifat kedaerahan. Organisasi pergerakan Nasional tersebut akan muncul kembali meskipun sudah mulai melemah ataupun tumbang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.