Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

Diposting pada

Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari – Fisika termasuk mata pelajaran yang menurut saya menarik untuk kita simak. Ada banyak materi menarik yang beerkaitan dengan gaya, gerak, dan teori salah satunya yakni hukum newton I, II, dan III. Berdasarkan buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica karya Isaac Newton menjelaskan pembahasan hukum newton yang terbagi menjadi tiga bagian. Contoh hukum newton 3, 2, ataupun 1 pun sebenarnya sangat mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari hari.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa hukum newton terbagi menjadi beberapa jenis Lantas apa saja contoh hukum newton dalam kehidupan sehari hari? Untuk menjawabnya kalian harus mempelajari teori dari masing-masing bagian secara terpisah. Mengapa demikian? sebab ketiganya memiliki konsep berbeda baik dari aspek bunyi hukum, rumus hitung, serta contoh konkret implikasinya.

Apa itu Hukum Newton? Hukum Newton adalah jenis hukum yang mencakup ketiga hukum yang digunakan sebagai dasar mekanika klasik. Jenis hukum ini merupakan gambaran dari hubungan antara gaya dengan gerak suatu benda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tanpa kita sadari penerapan hukum Newton selalu kita lakukan, baik hukum Newton 1, hukum Newton 2 maupun hukum Newton 3. Setiap jenis hukum Newton tersebut memilii kriteria dan bunyi hukumnya masing masing. Selain itu setiap jenis hukum Newton juga memiliki rumus yang berbeda beda.

Apa itu hukum newton itu? Hukum gerak newton dapat diartikan sebagai tiga hukum Fisika yang dapat digunakan dasar pada mekanika klasik. Hukum tersebut sebenarnya berisi tentang gambaran bekerjanya gaya pada suatu benda yang berhubungan dengan gerak yang disebabkannya. Penulisan tentang hukum ini sebenarnya telah dibahas sejak 3 abad.

Baiklah langsung saja, saya akan membahas mengenai masing masing contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Berikut penjelasan dan contoh contohnya:

Baca juga : Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Contoh Hukum Newton 1

Hukum Newton 1 memiliki bunyi yakni, “Apabila Resultan gaya yang terdapat di dalam benda bekerja dengan nilai Nol, Maka benda yang awalnya diam akan tetap diam. Benda yang awalnya bergerak secara lurus beraturan juga akan tetap bergerak lurus beraturan”. Hukum Newton ini berhubungan dengan sifat kelembapan benda. Maka dari itu, sebuah benda akan lebih condong untuk mempertahankan kedudukannya. Dengan kata lain benda dapat dikatakan malas bergerak. Dibawah ini terdapat contoh hukum 1 newton dalam kehidupan sehari hari:

  1. Ketika sepeda atau motor direm maka tubuh akan bergerak kedepan.
  2. Ketika mobil atau motor digas maka tubuh akan terdorong/bergerak ke belakang.
Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
ilustrasi Hukum Newton I

Pada dasarnya, contoh hukum newton 1 terlihat pada kondisi jalan raya dan para penggunanya. Ketika motor atau mobil bergerak dengan kecepatan tinggi lalu pengemudi mengerem secara tiba-tiba, penumpang akan merasakan dorongan ke depan. Demikian pula saat melakukan akselerasi maka tubuh akan merasakan dorongan ke belakang.

Hal itu disebabkan oleh hukum inersia. Tubuh penumpang cenderung untuk tetap dalam gerakan sebelumnya, dan ketika kendaraan berhenti mendadak, tubuh mereka cenderung untuk terus maju. Setelah memahami konsep serta contoh di atas semoga kalian tak kesulitan mengerjakan soalnya saat ujian.

Contoh Hukum Newton 2

Hukum newton II menjadi konsep fisika yang juga tak kalah penting karena sering muncul pada saat ujian. Banyak yang berfokus hanya pada rumus hukumnya saja tanpa memperdalam pemahaman terkait bunyinya. Tak heran apabila akhirnya siswa mengalami kesulitan cukup serius saat guru meminta mereka menyebutkan contoh hukum newton II.

Selain contoh hukum Newton 1 di atas, adapula contoh hukum 2 Newton yang akan saya bagikan. Hukum Newton 2 memiliki bunyi yakni, “Sebuah benda memiliki percepatan yang sama dengan jumlah gaya dan berbanding terbalik dengan massa bendanya”. Hukum Newton ini berhubungan dengan kondisi gerak sebuah benda. Sebuah benda tersebut akan memperoleh gaya dan massa yang perlu diperhatikan. Di bawah ini terdapat contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari hari:

  1. Seseorang yang sedang mendorong gerobak dengan kekuatan yang besarnya tertentu. Maka gerobak tersebut akan bergerak dengan percepatan tertentu pula.
  2. Sebuah truk yang bergerak dengan massa 2 ton maka akan mengalami percepatan sebesar 2 m/s.
Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
Contoh Aplikasi Hukum Newton 2

Baca juga : Hubungan Antara Gaya dan Gerak Beserta Penjelasan

Contoh Hukum Newton 2 (F = ma) menunjukan konsep dasar dalam fisika yang menjelaskan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu objek, massa objek tersebut, dan percepatan yang dialami oleh objek tersebut. Hukum ini memberikan dasar penting untuk memahami dan menghitung dinamika benda-benda dalam berbagai situasi fisika, dari mobil yang berakselerasi hingga peluru yang ditembakkan ke udara.

Contoh Hukum Newton 3

Kemudian Hukum Newton 3 juga memiliki bunyi yakni, “Apabila sebuah benda memberikan gaya terhadap benda lain maka benda tersebut juga akan memberikan gaya balik dengan besar yang sama, namun dengan arah yang sebaliknya. Hukum Newton ini berhubungan dengan gaya aksi maupun gaya reaksi. Dengan kata lain, sebuah benda yang memberikan gaya aksi maka akan memperoleh gaya reaksi.

Ada banyak sekali contoh hukum newton 3 yang bisa kita amati di lingkungan sekitar. Tapi karena minimnya pemahaman membuat siswa tak mampu menganalisanya. Padahal, sedikit banyak materi tersebut pasti muncul dan diujikan dalam di berbagai kesempatan. Di bawah ini terdapat contoh hukum newton 3 dalam kehidupan sehari hari:

  1. Ketika kita sedang mendayung sebuah perahu. Perahu tersebut akan didayung dari arah belakang, kemudian perahu akan bergerak ke arah depan. Hal ini dikarenakan air diberikan gaya yang berasal dari alat dayung.
  2. Ketika peluncuran roket air. Air yang terdapat didalam roket akan mengalami tekanan tinggi karena mengandung detergen. Pada saat tutup roket dibuka, air akan menyembur dan mendorong roket  ke atas.
  3. Ketika kalian mendorong mobil yang mogok, maka mobil akan menerima sekaligus memberikan reaksi dalam bentuk gaya yang setara dengan kalian. Ini adalah aplikasi lain dari Hukum Newton Ketiga.
Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
Contoh Aplikasi Hukum Newton 3

Demikianlah contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari yang dapat saya bagikan. Hukum newton ini memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni hukum 1 newton, hukum 2 newton dan hukum 3 newton. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Perbandingan Tegangan Terhadap Regangan Disebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.