Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal – Bagaimana cara menghitung pengurangan kuadrat itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal pengurangan kuadrat dengan cepat? Bilangan kuadrat dapat diartikan sebagai bilangan positif yang berasal dari perkalian bilangan itu sendiri dengan bilangan tertentu sebanyak satu kali.

Bilangan kuadrat dapat disebut juga dengan bilangan pangkat dua. Selain itu bilangan kuadrat juga dikenal sebagai hasil bilangan yang berasal dari perkalian ganda yaitu dua bilangan yang sama. Selain bilangan pangkat dua tentunya adapula pembahasan mengenai akar kuadrat yang sama sama menggunakan kata “kuadrat” di dalamnya.

 
cara menghitung penguarangan kuadrat dan contoh soalnya
cara menghitung penguarangan kuadrat dan contoh soalnya

Bilangan kuadrat (pangkat dua) dengan bilangan akar kuadrat pada dasarnya berbeda. Hal ini dikarenakan akar kuadrat ialah bilangan yang dipangkatduakan. Sedangkan bilangan kuadrat merupakan perkalian bilangan yang sama sebanyak dua kali. Misalnya 3², 6², 9² dan sebagainya. Operasi hitung pangkat dua (kuadrat) pada umumnya sama seperti bilangan lainnya yaitu penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian.

Dalam operasi hitung tersebut juga terdapat beberapa variasi yang terlibat seperti penambahan tanda kurung di dalamnya. Untuk itu bilangan yang di dalam kurung harus dikerjakan terlebih dahulu. Namun adapula cara cepat menghitung pengurangan kuadrat dan contoh pengurangan kuadrat di dalamnya.

Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bilangan pangkat dua atau kuadrat ialah bilangan yang berasal dari perkalian sebanyak dua kali dengan bilangan sama. Simbol pangkat dua terletak di ujung angka dengan angka dua kecil. Dalam operasi hitung bilangan pangkat dua tersebut tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Oleh karenanya kalian butuh rumus cepat menghitung pangkat dua tersebut. Namun tidak semua siswa menguasai rumus pengurangan kuadrat karena memang metodenya yang terkenal kompleks. Tapi kalian tak perlu risau sebab saya akan coba mengajarkan cara menghitung sampai berhasil dan paham.

Baca juga : Rumus Penjumlahan Bilangan Berpangkat Beserta Contoh Soal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa operasi hitung bilangan kuadrat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu penjumlahan, perkalian, pembagian dan pengurangan. Jika dalam bilangan kuadrat terdapat operasi pembagian dan perkalian di dalamnya, maka operasi hitung yang harus diselesaikan ialah yang letaknya dipaling depan terlebih dahulu.

Cara Cepat Menghitung Pengurangan Kuadrat Beserta Contoh Soal
Pengurangan Kuadrat

Apabila dalam bilangan kuadrat terdapat operasi pengurangan dan penjumlahan, maka pengerjaannya tinggal diurutkan dari depan saja. Untuk itu operasi hitung yang muncul pertama kali harus dikerjakan terlebih dahulu, entah pengurangan ataupun penjumlahan. Sebelum menuju contoh soal pengurangan kuadrat alangkah baiknya kalian belajar cara menghitungnya terlebih dulu.

Rumus Pengurangan Kuadrat

Cara menghitung pengurangan kuadrat sebenarnya bisa kita lakukan secara mudah dan sederhana sesuai logika. Cara cepat menghitung pengurangan kuadrat dapat dilakukan dengan menggunakan konsep aljabar terkait a² – b² = (a + b)(a – b). Tetapi trik ini belum sepenuhnya digunakan untuk menerapkannya dalam soal soal. Untuk itu ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi bilangan kuadrat dengan mudah. 

Cara cepat menghitung selisih bilangan kuadrat dapat dilakukan dengan matangnya pengetahuan yang dimiliki. Untuk itu sebaiknya menguasai terlebih dahulu mengenai logika Matematika. Logika ini akan membantu anda untuk menyelesaikan contoh soal pengurangan kuadrat yang tersedia. Saat operasi pengurangan dilakukan tentunya langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menghitung kuadrat masing masing bilangannya terlebih dahulu. Contohnya operasi hitung dari 6² – 3² ini, untuk itu hasil dari 6² harus dicari terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mencari hasil 3². Setelah itu baru keduanya dikurangkan seperti di bawah ini:
6² – 3² = 36 – 9 = 25

Cara pengerjaan di atas merupakan langkah langkah umum. Tetapi adapula cara menghitung pengurangan kuadrat dengan trik yang cepat dan mudah. Trik cepat pengurangan dua bilangan kuadrat tersebut menggunakan konsep aljabar di dalamnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan cara cepat menghitung pengurangan kuadrat seperti di bawah ini:

  1. Pertama pangkat duanya diabaikan terlebih dahulu, sehingga lebih difokuskan pada kedua angka yang dipangkatduakan.
  2. Kemudian bilangan yang dikuadratkan tersebut dijumlah.
  3. Lalu kedua bilangan yang dikuadratkan juga dicari selisihnya.
  4. Jika sudah laku hasil yang diperoleh dari pengerjaan sebelumnya dikalikan.

Baca juga : Materi Irisan Dua Lingkaran Beserta Contoh Soal Lengkap

Contoh Soal Pengurangan Kuadrat

Rumus penguarangan kuadrat di atas sebenarnya tidak terlalu rumit. Bahkan saya pun ragu apabila menyebutnya sebagai rumus hitung karena prakteknya lebih mirip seperti tips mengerjakan soal.  Agar anda lebih paham mengenai cara menghitung pengurangan kuadrat dengan cepat tersebut, maka saya akan membagikan contoh soal terkait cara cepat di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Hitunglah hasil dari (11 x 11) – (5 x 5)?

Pembahasan. 
Berdasarkan soal tersebut dapat kita ketahui bahwa 11 kuadrat dikurangi dengan 5 kuadrat. Untuk itu cara cepat menghitung pengurangan kuadratnya dapat menjadi seperti di bawah ini:

  • Yang dikuadratkan ialah angka 11 dan 5.
  • Kedua bilangan dijumlahkan sehingga 11 + 5 = 16.
  • Kedua bilangan dikurangi secara urut sehingga 11 – 5 = 6, bukan 5 – 11.
  • Kemudian hasil pengerjaan sebelumnya dikalikan yaitu 16 x 6 = 96.

Jadi hasil dari (11 x 11) – (5 x 5) ialah 96.

2. Hitunglah hasil dari 16² – 6²?

Pembahasan.
Contoh soal pengurangan kuadrat tersebut dapat diselesaikan dengan langkah langkah seperti di bawah ini:

  • Secara berturut turut angka yang dikuadratkan ialah 16 dan 6.
  • 16 + 6 = 22
  • 16 – 6 = 10
  • 22 x 10 = 220

Jadi hasil dari 16² – 6² ialah 220.

Latihan Soal

Tanpa perlu mencari di internet pun sebenarnya sudah ada banyak sekali model latihan soal pengurangan kuadrat di buku pedoman. Di lain sisi, guru pun pasti akan menguji pemahaman kalian saat di kelas demi memastikan seluruh materi tersampaikan dengan baik.

Setelah memahami tentang cara cepat menghitung pengurangan kuadrat dan contoh soalnya di atas. Maka saya akan membagikan beberapa latihan soal yang dapat anda kerjakan sendiri. Adapun soal soalnya yaitu:

  • 30² – 12² =
  • 98² – 22² =
  • 29² – 13² = 

Demikianlah penjelasan mengenai cara cepat menghitung pengurangan kuadrat beserta contoh soal pengurangan kuadrat. Bilangan kuadrat ialah perkalian bilangan yang sama sebanyak dua kali. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.