Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 23, 2017

Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Masalah flashdisk yang tidak terbaca komputer atau laptop adalah masalah yang sering ditemui. Memang ini akan membuat kita sedikit panik, apalagi kalau isi dari flashdisk tersebut merupakan file penting.

Jika mengalami masalah ini, jangan dulu beranggapan kalau flashdisknya rusak. Karena bisa jadi ini merupakan kesalahan dari hardware komputer yang bermasalah. Karena sering juga flashdisk tidak terbaca disebabkan oleh port USB yang sudah rusak atau sudah bermasalah. Jadi, ketika flashdisk Anda tidak terbaca di perangkat Anda, silahkan dicoba di perangkat lain terlebih dahulu.

Ketika mengalami masalah ini, mungkin yang kita pikirkan tidak lain tidak bukan adalah kenapa kok flashdisk saya tidak terbaca?  atau apa yang menyebabkan flashdisk saya tidak terbaca?. Untuk mengetahui penyebabnya, kita harus meninjau kebelakang, apa saya yang dilakukan sebelum flashdisknya tidak bisa terbaca.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca:

1. Flashdisk jatuh sehingga kondisi fisik pecah.
Flashdisk yang sering jatuh pasti akan berdampak buruk pada kondisi fisik maupun kesehatan flashdisk sendiri. Salah satu dampak buruk kerusakan dari flashdisk yang sering jatuh adalah menjadi tidak bisa terbaca.

2. Sering mencabut flashdisk tanpa dieject terlebih dahulu.
Mungkin ini sering disepelekan. Banyak orang yang beranggapan bahwa proses eject flashdisk ini tidak penting. Padahal tidak benar juga, eject ini berfungsi untuk unmount flashdisk agar ketika dicabut tetap aman.

3. Port USB komputer bermasalah.
Port USB komputer yang bermasalah tentu tidak akan bisa membaca perangkat yang dimasukkan. Maka dari itu, periksalah port lain untuk mengecek flashdisk Anda ketika mengalami flashdisk tidak terbaca.

4. Driver komputer belum diinstal.
Driver sendiri berfungsi untuk mendeteksi perangkat yang dimasukkan seperti flashdisk misalnya. Kalau driver belum terinstall dengan baik biasanya tidak akan bisa mendeteksi perangkat dengan baik.

5. Flashdisk KW, jadi tidak awet dan mudah rusak.
Walaupun flashdisk kw hampir mirip dengan yang aslinya, tetap saja ada perbedaan yang nampak. Jadi ketika hendak membeli flashdisk, silahka pilih yang benar-benar flashdisk asli, maksudnya kualitasnya tidak abal-abal.

Kemudian, bagaimana cara megatasi flashdisk yang tidak terdeteksi? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah flashdisk tidak terbaca ini.

Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi

Oke, bagi yang mengalami masalah ini mungkin bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini. Siapa tahu bisa berhasil.

Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

1. Cek Letak Permasalahan

Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengecek letak permasalahan. Maksudnya adalah, kita melakukan pengecekan yang bermasalah itu flashdisknya atau komputernya. Colokkan flashdisk ke beberapa port komputer, jika ternyata tidak bisa maka lakukan pada komputer lain. Jika pada komputer lain ternyata bisa, berarti permasalahannya terletak pada port komputer yang tidak bisa membaca. Jika sudah dicoba pada beberapa komputer akan tetapi tetap saja tidak bisa, maka silahkan baca langkah berikutnya.

2. Lakukan Format

Cara ini dilakukan dengan sistem operasi Windows dengan memanfaatkan Computer Management Tool atau compmgmt.msc melalui perintah pada Run. Silahkan ikuti cara-cara di bawah ini:
  1. Colokkan flashdisk pada komputer (pastikan port komputer normal atau tidak bermasalah)
  2. Kemudian masuk ke Run dengan cara menekan tombol Ctrl+R selanjutnya ketikkan compmgmt.msc lalu tekan enter.
  3. Setelah masuk ke Computer Management Tool, pilih Storage kemudian pilih Disk Management.
  4. Tunggu loading, setelah itu jika flashdisk Anda terdeteksi klik kanan dan format.
  5. Selesai.

Dengan kedua ini mungkin flashdisk Anda akan pulih kembali namun data-datanya akan hilang karena terformat. Namun, tidak semua permasalahan flashdisk tidak terdeteksi bisa diatasi dengan cara ini.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya berikan mengenai cara mengatasi flashdisk tidak terbaca tanpa aplikasi. Sebenarnya ada satu cara lagi yaitu dengan menggunakan aplikasi HDD Low Level Format Tool, namun tidak saya sertakan pada postingan ini sekalian. Mungkin pada kesempatan berikutnya akan saya post caranya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa mengatasi permasalahan flashdisk tidak terbaca ini.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top