November 12, 2017

Analisa yang Perlu Dilakukan Sebelum Membangun Server

Tags
Melakukan analisa kebutuhan server sangat diperlukan guna mengetahui server seperti apa yang akan dibangun nantinya. Sebagai contoh, penentuan kebutuhan sistem operasi jaringan dapat diketahui dengan memahami pengguna yang akan menggunakan sistem tersebut. Sistem yang nanti dipilih diusahakan merupakan sistem yang mampu menjalankan semua kebutuhan aplikasi yang diinginkan pengguna, termasuk perangkat keras yang mendukung untuk menjalankan kebutuhan tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai analisa yang perlu dilakukan sebelum membangun server. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan kita mengenai server bisa bertambah.
Analisa yang Perlu Dilakukan Sebelum Membangun Server

Hal yang Perlu Dianalisa Sebelum Membangun Server

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dianalisa sebelum membangun sebuah server.

1. Aktivitas Apa yang Akan Dilakukan

Sebelum membangun server, terlebih dahulu Anda tentukan seberat apakah aktivitas yang akan dilakukan server nantinya? Apakah server harus bekerja berat, atau sedang, atau bahkan ringan? Jika hal ini sudah dilakukan, barulah kita mulai menentukan kebutuhan hardware sehingga menjadi lebih mudah karena dari awal sudah ada gambaran.

2. Pemilihan Hardware

Pemilihan hardware ini tentunya disesuaikan dengan point pertama yang telah Anda lakukan. Pemilihan hardware ini sangat penting, jadi Anda harus bijak dalam memilih hardware untuk server yang dibangun. Pastikan Anda memilih hardware yang sesuai dengan aktivitas yan akan dijalankan. Karena sangat sayang jika Anda membangun server dengan spesifikasi tinggi, sedangkan aktivitas yang akan dijalankan server tidaklah terlalu berat atau bahkan ringan.

3. Jumlah Pengguna

Banyaknya pengguna sangat berpengaruh dalam pembangunan server yang optimal. Aktivitas yang ringan mungkin dapat diimbangi dengan spesifikasi server yang rendah. Tapi bagaimana jika penggunanya sangat banyak? Dalam hal ini, gunakan rumus berikut:
Optimal = (Jumlah pengguna * rasio aktivitas) * Jumlah pengguna
Inti dari rumus di atas adalah untuk mendapatkan server yang optimal, jumlah pengguna dikalikan rasio, setelah itu dikalikan dengan jumlah pengguna.

4. Skalabilitas

Penentuan skema jaringan, pembagian sumber daya yang tepat, dan alokasi cadangan dapat diperlukan untuk menunjang perkembangan server yang akan dibangun. Karena sebuah server harus tetap berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi yang akan datang.

5. Titik Penyebaran

Ketika lokasi pengguna server hanya terdapat satu lokasi saja, mungkin satu server saja sudah cukup. Akan tetapi, bagaimana jika lokasi pengguna server bertemaran di lokasi yang tidak dapat dijangkau server, bahkan lokasinya juga berbeda-beda? Server sekunder adalah solusinya. Dengan membuat server sekunder, penyampaian informasi atau data pengguna yang lokasinya jauh dari server akan lebih terjamin.

6. Software

Pemilihan software yang tepat akan sangat berpengaruh pada kinerja server yang dibangun, sama halnya dengan hardware tadi. Ketika memilih software, pilihlah software yan menawarkan jaminan, keandalan, serta keamanan yang memadai. Karena akan menjadi bencana besar jika server yang melayani banyak pengguna tiba-tiba down hanya karena salah dalam memilih software.

Pada intinya, melakukan analisa sebelum membangun server sangatlah penting karena akan berpengaruh pada kinerja server nantinya. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya tuliskan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon