Pengertian dan Fungsi SSL (Seruce Socket Layer) Pada Jaringan

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi SSL (Seruce Socket Layer) Pada Jaringan – SSL atau Secure Socket Layer adalah sebuah protocol yang terletak pada layer transport. SSL menggunakan algoritma berbeda untuk membentuk keamanan dengan sistem otentikasi menggunakan sertifikat, enkripsi, pemeriksaan integritas, dan algoritma pertukaran kunci sesi pada jaringan. SSL memungkinkan komunikasi antara WWW client dan WWW server berkomunikasi dengan aman dan terenkripsi. Dengan ini, para hacker akan kesulitan untuk mencuri data.

Pengertian dan Fungsi SSL (Seruce Socket Layer) Pada Jaringan
Pengertian dan Fungsi SSL Pada Jaringan

SSL tidak akan bisa berjalan sendiri dalam mengamankan data. SSL membutuhkan protocol lain yaitu HTTPS atau HTTP Secure (Hyper Text Transfer Protocol Secure). HTTPS merupakan versi aman dari HTTP yang memungkinkan daya yang melewati HTTPS dapat dienkrpisi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi SSL pada jaringan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Fungsi SSL (Seruce Socket Layer) Pada Jaringan

Setelah mengetahui pengertian dari SSL di atas, sekarang saatnya membahas fungsi dari SSL. Seruce Socket Layer berfungsi untuk menyediakan infrastruktur komunikasi standar yang memungkinkan sebuah aplikasi bisa menggunakan infrastruktur tersebut dengan mudah dan hampir tidak terlihat serta menyediakan otentikasi yang sangat aman. 

Mekanisme dasar seperti password Telnet dan otentikasi HTTP dasar akan menjadi sangat kuat ketika menggunakan SSL dibandingkan dengan TCP biasa. Dalam hal ini password tidak lagi dikirim dalam bentuk plainteks. SSL mengenkripsi koneksi, bukan data pada kedua pihak yang berkomunikasi. SSL juga tidak mengandung mekanusme untuk otentikasi user ataupun perlindungan password karena hanya koneksi yang diotentikasi, keamanannya akan gagal jika mesin pada kedua pihak compromised.

SSL memberikan penawaran beberapa tingkat keamanan yang pasti akan membantu administrator dalam mengamankan data yang dikelola. Adapun tingkat keamanan yang ditawarkan SSL adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Bahaya Sering Install Ulang Laptop atau Komputer

Authentication
Dengan sistem autentikasi, memungkinkan untuk memastikan pesan yang diterima berasal dari orang atau user yang memang tersurat.

Confidentiality
Dengan sistem ini, memungkinkan untuk melindungi pesan dari orang-orang yang tidak berhak membaca pesan selama pesan tersebut dikirimkan dalam lalu lintas data.

Integrity
Dengan sistem ini, dapat memastikan bahwa pesan tersebut asli dan tidak mengalami perubahan data selama pengiriman.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi SSL. SSL merupakan suatu protocol yang letaknya di layer transport. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.