12 Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik

Diposting pada

12 Aplikasi Perekam Layar PC dan Android Gratis Terbaik – Aplikasi perekam layar atau yang lebih umum disebut screen recorder merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk merekam layar android maupun layar komputer. Tentunya aplikasi ini sangat berguna terutama untuk berberapa kebutuhan tertentu seperti merekam layar dan mengunggah di jejaring sosial maupun youtube sebagai video tutorial. Seperti contoh video tutorial komputer, video tutorial edit video yang memang mengharuskan kita merekam layar pc maupun layar android.

Pada dasarnya banyak sekali merk aplikasi perekam layar PC maupun layar android yang dapat kita manfaatkan untuk mendukung kegiatan kita di depan layar. Aplikasi perekam layar sendiri juga dibagi menjadi aplikasi perekam layar gratis dan berbayar yang keduanya tentu memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri sendiri.

12 Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik
Software Perekam Layar Komputer

Setiap macam aplikasi perekam layar memiliki fitur khusus yang menjadi keunggulan masing masing aplikasi itu sendiri. diantaranya adalah fitur watermark otomatis, fitur live capture, berbagai fitur editing video dan tentunya singkronisasi ke berbagai akun termasuk facebook, instagram dan youtube.

Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik

Ketika kita hendak melakukan aktivitas seperti hendak memberikan tutorial baik di komputer (PC) maupun hp android yang notabennya mengharuskan kita untuk merekam layar komputer maupun layar android kita. Namun kendala yang sering dihadapi adalah tidak adanya aplikasi perekam layar bawaan pada PC maupun android. Maka dari itu sebagai pengguna pc maupun smartphone android kita diharuskan melakukan instalasi aplikasi tambahan dari developer lain.

Aplikasi Perekam Layar PC Komputer

Yang pertama akan kita bahas adalah aplikasi untuk merekam layar komputer. Pada dasarnya terdapat banyak sekali jenis aplikasi yang berfungsi untuk merekam layar komputer. Terlebih lagi dengan didukung sistem operasi windows 7/8/10 membuat berbagai aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda satu sama lain.

Open Broadcaster Software (OBS)
Aplikasi perekam layar PC yang sering disingkat OBS ini merupakan pilihan salah satu aplikasi perekam layar komputer terbaik yang pernah diciptakan karena aplikasi ini berbasis multi platform sekaligus open source. Kita dapat memasang software perekam layar ini pada sistem operasi windows, OSX maupun sistem operasi berbasis linux (GNU). Fitur yang disediakan juga sangat menarik karena kita akan disuguhkan fitur perekam dan fitur broadcast. Dengan kata lain kita dapat melakukan siaran online secara langsung sekaligus merekam video diwaktu yang bersamaan.

12 Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik
Aplikasi perekam layar pc (OBS)

Antarmuka yang ditawarkan software perekam layar yang satu ini juga sangat sederhana namun memiliki banyak fitur dibaliknya. Adapun berbagai fitur umum yang akan kita temukan pada Open Broadcaster Software ini adalah:

  1. Fitur perekam desktop pc.
  2. Fitur perekam suara (internal dan external microphone).
  3. Support webcam external.
  4. Menambahkan teks serta gambar pada video rekaman.
  5. Editing video.
  6. Melakukan convert format pada video.
  7. Live streaming.

Dengan ukuran file software yang tidak terlalu besar, kita sudah dimanjakan oleh berbagai fitur fitur aplikasi perekam layar terbaik ini.

Action!
Aplikasi perekam layar yang kedua adalah Action yang merupakan aplikasi untuk merekam layar dengan berbagai fitur dan keunggulan pada resolusinya. Resolusi yang ditawarkan software ini ketika melakukan siaran langsung adalah HD. Tidak hanya mampu mengambil video maupun audio, aplikasi perekam layar yang satu ini bahkan mampu memotret gambar tertentu yang kita inginkan dengan cepat sehingga membuat software untuk merekam layar yang satu ini sangat diminati untuk membuat tutorial.

12 Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik
Aplikasi perekam layar pc (Action)

Sebelum merekam layar pc dengan action, kita diharuskan untuk mengatur resolusi dan berbagai pengaturan dasar terlebih dahulu. Fungsi pengaturan disini adalah untuk memudahkan kita ketika melakukan perekaman layar.

Xsplit Gamecaster
Aplikasi perekam layar terbaik selanjutnya adlaah XSplit yang merupakan softawe untuk merekam layar pc khusus untuk para gamer. Sama seperti namanya “Gamecaster“, aplikasi ini menawarkan fitur yang kuat yakni melakukan streaming bersamaan dengan bermain game tanpa memberikan beban berarti pada performa PC kita.

12 Aplikasi Perekam Layar PC Gratis Terbaik
Aplikasi perekam layar pc (Xsplit game caster)

Selain itu Xsplit juga memiliki fitur unggul lainnya yakni automatic adjustment. Ini adalah fitur yang berfungsi untuk melakukan setting up atau pengaturan secara otomatis sesuai dengan kemampuan PC kita agar performa yang didapatkan ketika kita merekam layar maupun melakukan live streaming bersamaan dengan bermain game menjadi lebih maksimal.

Dxtory
DXtory merupakan aplikasi perekam layar komputer yang tergolong sederhana dalam hal antarmuka dan memiliki performa yang baik karena ukurannya yang ringan. Meskipun terdengar sederhana, namun aplikasi komputer ini mampu memberikan resolusi tertinggi ketika kita merekam layar komputer sesuai dengan kemampuan komputer kita.

Baca Juga  Cara Cek Power Supply PC Komputer Tanpa Ribet

Selain itu aplikasi perekam layar komputer yang satu ini juga didukung oleh multiple audio recorder yang merupakan fitur untuk merekam lebih dari satu input audio. Jadi aplikasi ini akan merekam suara kita dan juga suara yang keluar dari game yang kita mainkan.

WM Capture
Aplikasi perekam layar PC selanjutnya adalah WM Capture yang merupakan aplikasi untuk merekam layar laptop maupun komputer kita. Keunggulan utama dari software perekam layar yang satu ini adalah kita dapat merekam video hanya pada bagian bagian layar tertntu saja serta software WM Capture juga memiliki fitur schedule recording. Dengan fitur ini kita dapat menjadwalkan kapan saja kita akan mulai merekam sehingga memudahkan kita karena kita tidak perlu lagi mengatur settingan dasar pada aplikasi.

Hasil video yang telah direkam umumnya berbentu MPEG, WMV, DVD-ISO, AVI dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir karena kita tetap dapat mengubah dan menentukan format video yang akan keluar setelah proses merekam layar.

ShadowPlay
Aplikasi yang satu ini merupakan hardware accelerated screen redording yang dikuhususkan untuk merepak PC atau komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis windows dengan GPU GeForce besutan Nvidia (Nvidia GeForce). Yang menarik dari aplikasi perekam layar PC yang satu ini adalah fitur merekam mundur hingga 25 menit mundur ke belakang.

Dengan menekan icon shortcut pada menu, maka kita akan mengkhiri video dan graphic card akan mulai merekam mundur ke balakang sampai 20 menit lamanya. Alhasil, kegiatan yang telah terlewat 20 menit sebelumnya dapat direkam. Software perekam layar komputer ini juga menyuguhkan format penyimpanan yang ramah pada komputer kita yakni MP4 dengan menggunakan Codec H.264.

Windows 10 Game Bar
Untuk anda pengguna windows 10 tidak perlu khawatir mencari aplikasi perekam layar komputer gratis lagi karena pada windows 10 sudah terdapat aplikasi windows 10 game bar yang merupakan software perekam layar pc bawaan windows 10. Dengan bantuan aplikasi ini kita dapat merekam layar komputer dengan mudah tanpa adanya bantuan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu kelebihan yang menonjol pada aplikasi perekam layar yang satu ini adalah kualitas video yang dihasilkann sangat baik dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.  Game DVR yang menjadi fitur windows 10 game bar ini merupakan aplikasi yang cukup diminati para gaming youtuber.

Ezvid Video Maker
Salah satu aplikasi perekam layar komputer yang memiliki berbagai fitur menarik lainnya adalah Ezvid video maker yang menyediakan antar muka yang sangat sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Kualitas video yang dihasilkan Ezvid juga dengan resolusi tinggi namun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Ezvid juga menawarkan fitur selection dimana kita dapat merekam layar pada posisi tertentu sesuai yang kita inginkan. Selain itu software perekam layar pc ini juga memberikan kita fitur editing dimana kita dapat memberikan judul, deskripsi dan kata kunci atau meta info sekalipun pada hasil rekaman kita.

Bandicam Screen Recorder
Aplikasi untuk merekam layar komputer selanjutnya adalah bandicam screen recorder yang umum digunakan oleh para youtuber. Aplikasi ini sangat mudah dioperasikan dan mampu merekam layar pc secara keseluruhan maupun hanya sebagian sesuai keinginan kita. Aplikasi perekam layar yang satu ini juga menawarkan fitur mode yang memiliki fungsi berbeda antara satu dengan yang lainnya. Salah satunya adalah gaming mode yang dapat mempermudah kita merekam layar pc sembari bermain game.

Namun aplikasi ini memiliki satu kekurangan yakni dalam versi gratisnya watermark bawaan dari software ini tidak dapat dihilangkan. Serta durasi yang mampu disimpan aplikasi ini dalam satu kali merekam tidak lebih dari 30 menit saja.

Itulah beberapa software atau aplikasi perekam layar PC gratis terbaik yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Dilain kesempatan saya akan membahas tentang aplikasi perekam layar untuk android. Maka tetap ikuti situs saya untuk mendapatkan info terbaru seputar teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.