Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya Terlengkap – Apa yang dimaksud interaksi antar ruang itu? Apa saja bentuk bentuk interaksi antar ruang? Apa saja syarat interaksi antar ruang? Apa dampak interaksi antar ruang? Apa saja contoh interaksi antar ruang? Sebelum membahas tentang materi interaksi antar ruang, tentunya anda harus memahami terleih dahulu mengenai pengertian ruang. Apa yang dimaksud dengan ruang itu? Ruang merupakan tempat yang terdapat di permukaan bumi untuk tempat tinggal makhluk hidup, baik secara keseluruhan ataupun sebagian. Ruang yang dimaksud disini tidak hanya berupa permukaan bumi yang bersentuhan dengan udara, tetapi berkaitan pula dengan lapisan atomosfer paling bawah.

Ruang juga dapat diartikan sebagai perairan yang ada di permukaan bumi seperti sungai, laut, danau aupun air tanah (di bawah permukaan bumi) hingga memiliki kedalaman tertentu. Ruang yang satu dengan ruang lainnya tentu saling berinteraksi atau memiliki hubungan. Untuk itu terciptalah materi interaksi antar ruang yang perlu anda ketahui dan pahami. Dalam materi ini terdapat pembahasan mengenai pengertian interaksi antar ruang, bentuk bentuk interaksi antar ruang, syarat interaksi antar ruang, dampak interaksi antar ruang dan contoh interaksi antar ruang.

Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya Terlengkap
Interaksi Antar Ruang

Ruang memang identik dengan tempat di permukaan bumi yang secara sebagian atau bahkan keseluruhan dimanfaatkan untuk tempat tinggal makhluk hidup. Dengan adanya ruang ini, berbagai jenis makhluk hidup dapat tinggal dan hidup dengan baik. Lalu apa yang dimaksud interaksi antar ruang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian interaksi antar ruang, bentuk bentuk interaksi antar ruang, syarat interaksi antar ruang, dampak interaksi antar ruang dan contoh interaksi antar ruang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Interaksi Antar Ruang, Bentuk, Syarat, Dampak dan Contohnya Terlengkap

Interaksi antar ruang dapat diartikan sebagai cara mengelola ruang yang berhubungan dengan ruang disekitarnya sehingga didasarkan pada masalah dan potensi di dalamnya. Interaksi antar ruang menurut cara melihatnya dapat dibagi menjadi dua yakni non fisik dan fisik. Setiap ruang berdasarkan fisiknya tentu memiliki karakteristik fisik yang didasarkan pada peran wilayah tertentu. Contohnya tempat sebagai pusat perdagangan. Sedangkan interaksi antar ruang non fisik dapat ditinjau dari adanya kesenjangan ekonomi dan sosial.

Baca juga : Materi Pasang Surut Air Laut: Pengertian, Teori, Penyebab, Tipe dan Manfaat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kegiatan sosial dan ekonomi mengalami pertumbuhan yang dipusatkan pada baiknya pelayanan publik yang terdapat dilokasi tersebut. Hal inilah yang tentunya dijadikan faktor pengaruh dari perkembangan lokasi tertentu. Selain pengertian interaksi antar ruang tersebut, adapula bentuk bentuk, syarat interaksi antar ruang, dampak interaksi antar ruang dan contoh interaksi antar ruang. Berikut penjelasan selengkapnya:

Bentuk Bentuk Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang dapat dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu meliputi:

Mobilitas Penduduk
Pengertian mobilitas penduduk ialah sebuah interaksi berbentuk perpindahan atau pergerakan manusia. Misalnya imigrasi, urbanisasi, emigrasi, transmigrasi dan sebagainya.

Komunikasi
Pengertian komunikasi ialah sebuah interaksi yang dilakukan melalui perpindahan informasi dan gagasan/ide. Misalnya pengiriman informasi secara tidak langsung ataupun langsung seperti internet, melihat tayangan televisi, membaca berita dan sebagainya.

Transportasi
Pengertian transportasi ialah sebuah interaksi yang dilakukan melalui perpindahan energi ataupun barang. Misalnya perdagangan, pengangkutan barang dan sebagainya.

Syarat Interaksi Antar Ruang

Selain pengertian interaksi antar ruang dan bentuk bentuk interaksi antar ruang di atas. Adapula beberapa syarat yang terdapat di interaksi antar ruang. Interaksi ini memiliki beberapa syarat seperti berikut:

  • Complementarity (saling melengkapi).
  • Intervening opportunity (kesempatan antara) ialah suatu lokasi yang menawarkan alternatif sebagai tempat tujuan dan tempat asal yang lebih baik.
  • Transferability (keadaan dapat dipindahkan/diserahkan).

Baca juga : Sejarah Terbentuknya Benua Australia Lengkap

Dampak Interaksi Antar Ruang

Interaksi antar ruang memiliki beberapa dampak seperti di bawah ini:

  • Pusat pusat pertumbuhan yang berkembang.
  • Penggunaan lahan yang berubah.
  • Orientasi mata pencaharian yang berubah.
  • Sarana dan prasarana yang berkembang.
  • Komposisi penduduk yang berubah.
  • Sosial budaya yang berubah.

Contoh Interaksi Antar Ruang

Setelah menjelaskan tentang pengertian interaksi antar ruang, bentuk bentuk interaksi antar ruang, syarat interaksi antar ruang dan dampak interaksi antar ruang di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang contoh pada interaksi antar ruang. Adapun beberapa contohnya yaitu:

  • Perubahan iklim.
  • Di kawasan A yang terjadi bencana banjir bandang.
  • Media telpon yang digunakan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian interaksi antar ruang, bentuk bentuk interaksi antar ruang, syarat interaksi antar ruang, dampak interaksi antar ruang dan contoh interaksi antar ruang. Interaksi antar ruang merupakan cara mengelola ruang yang berhubungan dengan ruang disekitarnya sehingga didasarkan pada masalah dan potensi di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.