Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)

Diposting pada

Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah) Dalam kehidupan sehari hari, kita selalu berhubungan dengan hal hal yang berkaitan dengan hitungan Matematika, seperti volume. Contohnya sebuah bak mandi harus diisi penuh dengan air, maka untuk mengukur banyaknya air menggunakan satuan volume seperti meter kubik ataupun liter. Adapula contoh lainnya yaitu ketika membeli minyak goreng kemasan. Banyaknya minyak tersebut dinyatakan dalam satuan liter. Ketika dibangku sekolah kita juga diajarkan mengenai cara mudah mengerjakan satuan volume dan contoh soal satuan volumenya. Penentuan satuan tersebut hampir sama dengan penentuan besaran panjang.

Volume dan panjang adalah dua hal yang sering dicantumkan dalam Matematika. Kedua hal ini memiliki satuan yang berbeda dalam penggunaanya. Meski sama sama menggunakan kategori satuan yang sama (misalnya meter), tetapi jumlah pangkat dalam satuan panjang dan volume tersebut berbeda. Contohnya satuan panjang ialah meter (m), sedangkan satuan volume ialah meter kubik (m³). Apapun bentuk satuannya, volume tentu saja menggunakan aksen kubik dibelakang satuan tersebut.

Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)
Cara menghitung dan rumus satuan volume

Untuk menyelesaikan soal soal satuan dalam volume biasanya menggunakan tangga konversi seperti dalam satuan panjang. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mudah mengerjakan satuan volume beserta contoh soal satuan volume. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)

Besaran volume dalam ilmu Matematika termasuk kedalam turunan besaran panjang. Satuan volume tersebut dinyatakan dalam bentuk meter kubik (m³) atau liter. Eksponen pangkat tiga yang berada dibelakang satuan biasanya menunjukan bahwa termasuk besaran volume. Cara mudah mengerjakan soal soal satuan volume dapat menggunakan tangga konversi.

Pada umumnya tangga konversi satuan volume hampir sama dengan tangga konversi satuan panjang. Tetapi yang membedakannya disini ialah pangkat tiga yang tercantum dalam satuan volume tersebut. 

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Tangga Konversi Satuan Volume

Seperti yang kita ketahui bahwa cara mudah mengerjakan satuan volume ialah menggunakan tangga konversi. Namun tangga konversi ini memiliki beberapa ketentuan jika turun tangga atau naik tangga. Untuk tangga konversi menggunakan satuan meter kubik (m³) memiliki ketentuan yang berbeda dengan satuan liter. Cara mengerjakannyapun berbeda meskipun sama sama termasuk dalam satuan volume. Berikut penjelasan dan contoh soal satuan volume tersebut yaitu:

Satuan Meter Kubik (m³)

Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)
Tangga Konversi Satuan Meter Kubik

Gambar diatas merupakan tangga konversi untuk satuan meter kubik. Selain itu tangga diatas dapat digunakan sebagai cara mudah mengerjakan satuan volume. Adapun beberapa ketentuan dalam mengkonversi satuan tersebut yaitu:

  • Apabila angkanya turun satu tangga maka akan dikalikan dengan 1000.
  • Apabila angkanya naik satu tangga maka akan dibagi dengan 1000.
Contoh Soal
  • 3 hm³ = . . .m³

Jawab.
3 hm³ = 3 x 1.000.000 m³ = 3.000.000 m³.

  • 4 m³ = . . .dm³

Jawab.
4 m³ = 4 x 1.000 dm³ = 4.000 dm³

Baca juga : Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus

  • 5.000 dam³ = . . . hm³

Jawab.
5.000 dam³ = 5.000 : 1.000 hm³ = 5 hm³

  • 7.000 mm³ = . . .dm³

Jawab.
7.000 mm³ = 7.000 : 1.000.000 dm³ = 0,007 dm³

Satuan Liter

Selain satuan meter kubik, adapula satuan liter yang juga digunakan dalam menyatakan satuan volume. Cara mudah mengerjakan satuan volume ini hampir sama dengan satuan meter kubik. Namun yang membedakannya terletak pada ketentuan yang terkait didalamnya. Satuan liter berguna untuk menyatakan volume benda dalam sebuah ruangan tertentu. Perhatikan tangga konversi satuan liter dibawah ini!

Satuan Volume Beserta Contoh Soalnya (Cara Mudah)
Tangga Konversi Satuan Liter

Gambar diatas merupakan tangga konversi untuk satuan liter. Selain itu, tangga tersebut juga dapat digunakan sebagai cara mudah mengerjakan satuan volume. Adapun beberapa ketentuan dalam mengkonversi satuan tersebut yaitu:

  • Apabila angkanya turun satu tangga maka akan dikalikan dengan 10.
  • Apabila angkanya naik satu tangga maka akan dibagi dengan 10.
Contoh Soal
  • 3 hl = . . .l

Jawab.
3 hl = 3 x 100 l = 300 l

  • 4 l = . . .dl

Jawab.
4 l = 4 x 10 dl = 40 dl

Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal

  • 5.000 dal = . . . hl

Jawab.
5.000 dal = 5.000 : 10 hl = 500 hl

  • 7.000 ml = . . .dl

Jawab.
7.000 ml = 7.000 : 100 dl = 70 dl

Kedua satuan volume (meter kubik dan liter) dapat dikonversikan satu sama lain. Maka dari itu ada beberapa ketentuan dalam hubungan konversi kedua satuan tersebut. 

1 cc = 1 cm³
1 l = 1 dm³
1 ml = 1 cm³

Contoh Soal Satuan Volumenya:

7 m³ = . . . cl

Jawab.
Ubah satuan m³ menjadi dm³ terlebih dahulu, karena dm³ sebanding dengan liter.

7 m³ = 7 x 1.000 dm³ = 7.000 dm³
7.000 dm³ = 7.000 liter (1 dm³ = 1 liter)

Kemudian ubah satuan liter menjadi centiliter (cl):
7.000 liter = 7.000 x 100 cl = 700.000 cl (karena turun 2 tangga maka dikali 100)
Jadi 7 m³ = 700.000 cl

Sekian penjelasan mengenai cara mudah mengerjakan satuan volume dan contoh soal satuan volume. Cara mengerjakan satuan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tangga konversi. Semoga artikel dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Cara Perkalian Bersusun Panjang dan Pendek Beserta Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.