Pengertian Majas Pleonasme Beserta Contoh Lengkap

Diposting pada

Pengertian Majas Pleonasme Beserta Contoh Lengkap – Majas pada umumnya merupakan materi pembelajaran di sekolah dalam ilmu Bahasa Indonesia, baik dalam tingkat SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Majas Bahasa Indonesia tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah majas pleonasme. Apakah definisi majas pleonasme itu? Apa saja contoh majas pleonasme dalam kalimat itu? Majas pleonasme secara umum dapat diartikan sebagai pengungkapan gaya bahasa yang dilakukan untuk menerangkan sebuah pernyataan dalam konteks yang sangat jelas tujuan dan maksud di dalamnya. Pelaksanaan penambahan ini bertujuan untuk membuat gagasan atau pokok pikiran kalimatnya menjadi lebih tegas. Untuk itu majas pleonasme termasuk dalam majas penegasan.

Pengertian majas pleonasme dan contoh majas pleonasme dalam kalimat merupakan salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam hal ini pleonasme bersifat berlebihan, dimana dalam satu kalimat terdapat penggunaan dua kata yang tidak sama, namun artinya sama. Walaupun sebenarnya penambahan kata tadi tidak dibutuhkan, baik hanya sekedar gaya ataupun penegas saja. Hal inilah yang dinamakan dengan pleonasme. Pada umumnya dalam sebuah karya sastra terdapat gaya bahasa atau majas yang digunakan dalam proses penulisannya. Misalnya saja pada prosa atau puisi. Majas tersebut merupakan bahasa yang kaya untuk menyampaikan pikiran dengan efek efek tertentu yang semakin unik bahasa didalamnya, baik berbentuk tertulis maupun lisan.

Pengertian Majas Pleonasme Beserta Contoh Lengkap
Penggunaan Majas Pleonasme

Seperti yang telah kita ketahui bahwa majas terdiri dari beberapa macam. Macam macam majas ini dapat berupa majas penegasan, majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran dan sebagainya. Untuk salah satu jenis majas penegasan ini dapat berbentuk majas pleonasme dengan karakteristik didalamnya. Karakter atau ciri ciri majas pleonasme tersebut berguna untuk membedakannya dengan jenis majas Bahasa Indonesia lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian majas pleonasme dan contoh majas pleonasme dalam kalimat lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Majas Pleonasme Beserta Contoh Lengkap

Hampir semua siswa sepakat merasa kurang familiar ketika ditanya apa itu majas pleonasme. Hal ini menurut saya cukup lumrah karena guru tak terlalu fokus membahasnya saat di sekolah.

Majas pleonasme adalah salah satu unsur kebahasaan yang sebenarnya sering kita jumpai. Baik dalam konteks kehidupan nyata maupun pada karya sastra seperti buku novel. Mayoritas orang mengartikan kalimat pleonasme sebagai hiperbola karena memiliki pola yang hampir sama. Apakah asumsi ini benar atau salah?

Dalam konteks pendidikan, apa itu majas pleonasme sudah mulai diperkenalkan pada siswa ketika menginjak bangku sekolah menengah. Meski guru sudah memberikan penjelasan serta materinya tertulis di buku pedoman. Tapi masih banyak siswa merasa kesulitan saat diminta menyebutkan contoh majas pleonasme pada sebuah kalimat.

Dalam beberapa kesempatan materi yang sedikit banyak berisi majas pleonasme juga sering muncul sebagai soal ujian. Inilah alasan mengapa sebagai siswa kalian perlu menghafalkan pengertian, aspek-aspek, serta contoh majas pleonasme. Maka dari itu, saya ingin membahasnya lebih jauh sebagai bentuk pembekalan.

Apa Itu Majas Pleonasme

Pleonasme jika dilihat dari bahasanya berasal dari kata “Pleonasmus” dalam Bahasa Yunani yang maknanya “kata berlebihan”. Majas pleonasme sendiri dapat diartikan sebagai majas yang berfungsi untuk membuat arti kalimat ditegaskan dengan frasa berlebihan yang ditambahkan di dalamnya. Majas pleonasme tersebut memiliki penambahan kata keterangan yang digunakan di dalamnya. Meskipun sebenarnya tidak diperlukan keberadaannya. Akan tetapi kata tambahan yang terletak dalam kalimat tersebut membuat maknanya semakin jelas dan tegas.

Baca juga : Contoh Majas Metonimia Beserta Penjelasan Lengkap

Secara singkat apa itu majas pleonasme adalah majas yang berlebihan. Majas ini menggunakan beberapa kalimat yang berbeda, namun sebenarnya memiliki persamaan arti. Untuk itu penggunaan kata didalamnya tergolong berlebihan. Agar anda lebih memahami mengenai materi majas pleonasme tersebut.

Contoh Kalimat Majas Pleonasme

Kalian sudah mempelajari apa itu majas pleonasme dari penjelasan di atas. Nah, saya akan memberikan sedikit contoh serta implementasinya dalam sebuah kalimat. Adapun pembahasannya yaitu:

1. Para adik adik TPA sekalian diharapkan datang tepat waktu
Dari contoh diatas dapat diketahui bahwa terdapat kata para, adik adik, dan sekalian yang merupakan penjamakan secara berulang. Pada dasarnya tidak perlu menggunakan kata sekalian dalam kalimatnya. Namun karena kata tersebut digunakan, maka menjelaskan bahwa kalimat ini menggunakan majas pleonasme. 

2. Barisan pahlawan maju ke depan penuh kebanggaan dalam memerdekakan Indonesia.
Dari contoh majas pleonasme dalam kalimat tersebut menggunakan kata ke depan. Sebenarkan maju tersebut memiliki arti ke depan sehingga tidak membutuhkan lagi kata ke depan. 

3. Endah menoleh ke samping untuk melihat teman temannya.
Pada contoh di atas dapat diketahui bahwa Endah menoleh ke arah yang diperjelas dengan kata ke samping. Dari pernyataan ini menyatakan penggunaan kata yang berlebihan seperti pengertian majas pleonasme di atas. Untuk itu kalimat ini menggunakan majas pleonasme.

4. Adi memelihara berbagai jenis burung seperti kakaktua, kenari, pipit dan sebagainya.
Dari contoh pleonasme dalam kalimat tersebut terdapat kata hiponim kakaktua, kenari, pipit yang terkandung didalamnya. Hiponim ini termasuk dalam kata burung. Untuk itu kata “burung” sebenarnya tidak diperlukan. Tetapi karena hiponim tersebut dimasukkan maka kalimatnya dapat lebih dipertegas maupun diperjelas.

5. Rina sudah jago menyanyi sejak dari kecil.
Dari contoh pleonasme dalam kalimat tersebut terdapat persamaan kata antara “Sejak” dan “Dari”. Sebenarnya kalimat tersebut cukup menggunakan salah satu kata saja. Namun karena dalam kalimat tersebut menggunakan dua kata sinonim yang ditambahkan frasanya, maka majas ini memperjelas dan mempertegas kalimat tersebut.

Baca juga : Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD dan Kunci Jawabannya Terlengkap

Contoh Majas Pleonasme

Tanpa sadar sebenarnya kita sering mendengar contoh majas pleonasme dalam berbagai kesempatan. Hanya saja karena kurang memahami materi mayoritas siswa jadi tidak menyadarinya. Inilah pentingnya mengapa kalian harus mengasah kemampuan dengan rajin berlatih membaca.

Setelah menjelaskan tentang pengertian serta implementasinya maka tibalah saatnya kalian menganalisa sendiri. Maka saya akan membagikan beberapa contoh majas pleonasme dalam kalimat lainnya agar anda lebih paham mengenai materi majas ini. Adapun contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Karena mesin motor Rina bermasalah, maka ia menepikannya ke pinggir.
  • Siswa siswa menundukkan kepalanya ke bawah ketika bertemu dengan bapak/ibu guru.
  • Rena menengok ke belakang ke arah orang yang memanggilnya.
  • Tangan pengemis ditadahkan ke atas ketika ada pejalan kaki yang lewat.
  • Neva suka menari sejak dari kecil.
  • Menara Paris menjulang tinggi ke langit.
  • Drone itu turun rendah ke posisi semula secara tiba tiba.
  • Tidak seperti biasanya malam ini suasananya sunyi senyap.
  • Ketika ayahnya pulang dari Solo, Reni melihatnya dengan riang gembira.
  • Besok lusa kami akan rekreasi menuju kebun binatang.
  • Upacara bendera 17 Agustus diikuti oleh semua siswa siswi SMK Binneka Karya 2.
  • Kerja bakti pembangunan pos ronda dilakukan oleh semua bapak bapak.
  • Dalam sekali menebar jala, para nelayan berhasil menangkap beratus ratus jenis ikan.
  • Di kebun binatang ini terdapat penangkaran berpuluh puluh macam burung.

Sesuai dengan pengertian majas pleonasme tersebut menjelaskan bahwa majas ini termasuk dalam majas penegasan yang menggunakan kata kata berlebihan. Selain contoh majas pleonasme dalam kalimat di atas. Masih banyak lagi contoh kalimat pleonasme yang implementasinya bisa kita jumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah:

Baca juga : Jenis Jenis Pola Pengembangan Paragraf dan Contohnya

  • Beraneka ragam jenis oleh oleh dibeli Ibu untuk dibawa pulang.
  • Pak Tedi menjual barang barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, laptop, radio dan sebagainya.
  • Aku mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta seperti Prambanan, Pantai Drini, Kebun Binatang Gembiraloka dan lain sebagainya.
  • Ketika kecelakaan yang aku alami kemarin membuat tubuhku tenggelam, rasanya lidahku sampai kelu karena banyak air laut yang benar benar aku telan.
  • Ketika motornya melaju kencang dan tersandung batu besar, tubuhnya menjadi tersungkur terkelebab ke dalam lubang.
  • Kami tidak punya apa apa karena hanyalah keluarga miskin.
  • Dalam jamu ayah terdapat campuran madu manis.
  • Teman adikku adalah perempuan yang cantik jelita.
  • Didepan layar laptop ada adik yang sedari tadi duduk manis menonton film.
  • Paman membeli banyak sekali tanaman tanaman di toko milik kerabatnya.
  • Ayah membuat kopi hitam tanpa gula.
  • Ketika membuat nasi goreng, Ibu membesarkan api di kompor sampai sangat panas.
  • Masyarakat senang mengkonsumsi gula pasir manis yang dihasilkan dari olahan tebu.
  • Obat pahit selalu aku tenggak setiap hari.
  • Dari kepalaku keluar darah merah karena terbentur dinding yang sangat keras.
  • Hari ini aku harus menyelesaikan cucian basah sebelum kutinggalkan karena pergi denganmu.
  • Dirumah hanya ada lauk telur dadar goreng.
  • Di palataran Puskesmas desa sedang ada senam lansia yang dilakukan oleh para nenek nenek.
  • Lina membuat jus mangga dengan tambahan es dingin.
  • Tempe kedelai merupakan kesukaan keluarga kami.
  • Ayah membelikan mainan yang sangat disukai sekali oleh Adik.
  • Dalam masakan itu terdapat garam asin yang ditambahkan.
  • Keringat dingin biasanya digunakan sebagai pertanda orang yang sakit.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian majas pleonasme dan contoh majas pleonasme dalam kalimat lengkap. Majas pleonasme merupakan pengungkapan gaya bahasa yang dilakukan untuk menerangkan sebuah pernyataan dalam konteks yang sangat jelas tujuan dan maksud di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi majas pleonasme di atas.

Baca Juga  Rangkaian Peristiwa Dalam Cerita Disebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.