Pengertian Konduksi, Jenis Jenis dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Konduksi, Jenis Jenis dan Contohnya Lengkap – Kalor pada umumnya dapat melakukan perpindahan menggunakan beberapa metode seperti konveksi, radiasi dan konduksi. Konduksi merupakan salah satu cara perpindahan kalor yang akan saya bahas dalam artikel ini. Konduksi termasuk cara perpindahan panas yang melalui zat dan tidak disertai perpindahan patikel yang terdapat dalam zat tersebut. Perpindahan panas secara konduksi ini secara umum dapat terjadi pada zat padat seperti besi, tembaga, ataupun logam.

Selain konduksi, adapula istilah konduktor yang merupakan benda/zat penghantar panas yang baik. Kemudian istilah isolator yaitu benda/zat penghantar panas yang buruk. Jika membahas materi konduksi, maka terdapat beberapa hal yang dijelaskan seperti pengertian konduksi, jenis jenis konduksi, rumus konduksi dan contoh konduksi. Kalor yang dipindahkan dengan cara konduksi akan mengalir pada benda yang ujungnya bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah.

Pengertian Konduksi, Jenis Jenis dan Contohnya
Ilustrasi Terjadinya Konduksi

Apa itu kalor? Panas atau kalor adalah bentuk energi yang berpengaruh pada suhu benda yang naik dan perubahan wujud benda tersebut seperti dari wujud padat ke cair, cair ke gas, ataupun cair ke gas. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian konduksi, jenis jenis konduksi, ciri ciri konduksi, rumus perpindahan kalor secara konduksi, dan contoh konduksi lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Konduksi, Jenis Jenis dan Contohnya Lengkap

Perpindahan panas atau kalor memang dapat berlangsung dengan cara konveksi, radiasi dan konduksi. Perpindahan kalor secara konveksi dapat terjadi ini biasanya diikuti dengan perpindahan partikel sekaligus dalam zat tersebut. Misalnya naik dan turunnya air yang bergerak ketika dipanaskan. Gerakan air akan turun ke bawah jika suhunya dingin, sedangkan gerakan air akan naik ke atas jika suhunya panas.

Perpindahan kalor juga terjadi dengan cara radiasi yakni tidak memerlukan perantara karena menggunakan gelombang elektromagnetik. Contohnya sinar matahari yang memancar ke bumi dengan berbagai manfaat seperti mengeringkan pakaian, sebagai bahan dalam proses fotosintesis tumbuhan dan masih banyak lagi. Dari penjelasan ini tentunya anda mengetahui sedikit gambaran tentang pengertian konduksi dan contoh konduksi tersebut.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara (Bunyi) Beserta Contoh Soalnya

Konduksi sering disebut sebagai proses transmisi yang terdapat dalam energi panas. Terjadinya konduksi ini sebenarnya dapat diamati di sekitar kita tanpa kita sadari. Contohnya kaki yang terasa panas ketika kita berjalan di atas aspal tanpa menggunakan alas kaki. Proses konduksi ini terjadi secara otomatis pada aspal menuju kaki tersebut. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai apa itu konduksi, jenis jenis konduksi, rumus konduksi, ciri ciri konduksi, dan contoh konduksi yaitu sebagai berikut:

Pengertian Konduksi

Apa yang dimaksud konduksi itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi konduksi adalah hantaran panas suatu benda yang satu ke benda lainnya yang tidak diikuri perpindahan partikel atau zat tersebut. Menurut penelitian, perpindahan kalor jenis ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam. Perambatan kalor secara konduksi dapat melewati zat atau benda diam, mulai dari satu bagian menuju bagian lainnya.

Baca Juga  Cara Mencari Jarak, Kecepatan dan Selisih Waktu Mudah Terlengkap

Kalor memang dapat dialirkan oleh partikel partikel zat. Tenaga kalor yang berpindah secara radiasi dapat melalui suatu pancaran sehingga dapat digunakan dalam metodep perpindahan kalor. Konduksi tersebut merupakan satu satunya mekanisme zat padat yang dapat mengalirkan panas sehingga tidak dapat ditembus oleh cahaya.

Ciri Ciri Konduksi

Setelah menjelaskan tentang pengertian konduksi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang ciri ciri cara perpindahan kalor secara konduksi. Di bawah ini terdapat ciri ciri atau karakteristik konduksi yaitu sebagai berikut:

  • Membutuhkan zat perantara atau medium.
  • Harus melakukan sentuhan.
  • Terjadinya konduksi biasanya terdapat dalam zat padat.
  • Perpindahan panasnya tidak diikuti zat perantara.

Baca juga : Contoh Besaran Vektor, Rumus dan Cara Menyatakan

Perpindahan kalor secara konduksi dapat dihitung nilainya menggunakan rumus tertentu. Bagaimana rumus perpindahan kalor secara konduksi? Di bawah ini terdapat rumus konduksi yang digunakan yaitu sebagai berikut:

Rumus Konduksi

Keterangan:
Q = Laju kalor yang merambat setiap waktu (J/s)
Δt = Perubahan suhu (T2 – T1) (K)
K = Konduktivitas termal bahan (W/m.K)
l = Panjang penghantar (m)

Jenis Jenis Konduksi

Setelah menjelaskan tentang pengertian konduksi dan ciri ciri konduksi tersebut. Selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam konduksi. Konduksi dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:

Konduksi pada Dinding Satu Dimensi

Konduksi pada dinding datar dapat kita pandang sebagai dimensi yang tidak ada. Terjadinya konduksi di dinding tersebut memang relatif tipis dan cukup luas atau dapat mengisolasi keempat dindingnya dengan baik.

Konduksi pada Dinding Paralel

Letak jenis konduksi ini berada pada dinding datar dan paralel. Perpindahan kalor ini dalam keadaan tersebut tidak memiliki arah yang melintang diantara beberapa dinding.

Konduksi Tunak pada Dinding Datar Lapis Rangkap

Perpindahan kalor secara konduksi ini berasal dari susunan listrik seri yang memiliki besar kuat arus listrik. Biasanya konduksi tersebut memiliki penghantar yang tidak mempunyai percabangan disepanjangnya.

Contoh Konduksi

Selain pengertian konduksi, ciri ciri konduksi, rumus konduksi dan jenis jenis konduksi di atas. Adapula contoh perpindahan kalor secara konduksi tersebut yaitu meliputi:

  • Melepuhnya tangan ketika wajan panas dipegang.
  • Panasnya ujung spatula yang dirasakan saat memasak, meskipun secara langsung tidak bersentuhan dengan api.
  • Ketika baju digosok oleh setrika panas, maka baju akan terasa hangat dan menjadi rapi.
  • Ketika berpelukan dengan orang bersuhu lebih panas, maka tubuh akan terasa menjadi lebih hangat.
  • Melelehnya mentega yang berada di atas wajan saat dipanaskan menggunakan api sedang.
  • Panasnya knalpot yang lama kelamaan ketika menghidupkan mesin motor.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian konduksi, ciri ciri konduksi, rumus konduksi, jenis jenis konduksi, dan contoh konduksi. Perpindahan kalor secara konduksi dapat terjadi tanpa disertai dengan perpindahan partikel pada zat tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.