Jelaskan Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran

Diposting pada

Jelaskan Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran – Seperti yang kita tahu bahwa kesediaan dan harga barang yang dijual atau dibeli berhubungan dengan adanya permintaan dan penawaran. Hal ini dikarenakan permintaan dan penawaran tersebut ada kaitannya dengan kelangkaan barang. Hukum permintaan dan penawaran sendiri merupakan teori yang membahas tentang interaksi pembeli dan penjual barang.

Hukum permintaan dan penawaran ini termasuk dalam teori tentang bentuk permintaan dan penawaran barang di pasar yang mempengaruhi jumlah maupun harga barang di pasar tersebut. Hukum permintaan menerapkan konsep apabila harganya mahal, maka jumlah barang yang dibeli sedikit. Sedangkan hukum permintaan menerapkan konsep apabila harganya lebih tinggi, maka barang yang dipasok pembeli akan lebih banyak. Lantas jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran?

jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran
Akibat Kelangkaan Produk

Saat kelangkaan barang terjadi, maka secara umum pasokan barang atau permintaan akan berkurang, sedangkan permintaannya akan meningkat sehingga membuat harga barang menjadi naik. Berbeda lagi jika pasokan barang yang dicari pembeli tidak banyak atau banyak, maka harga barang akan turun. Inilah yang menjadi jawaban dari pertanyaan jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran tersebut.

Jelaskan Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran

Penawaran dan permintaan pada umumnya berfungsi untuk menggambarkan bagaimana kehidupan manusia dalam ekonomi modern setiap hari. Maka dari itu kita memang sangat perlu untuk mengetahui hukum penawaran dan permintaan. Bagi para pengusaha, pemerintah, investor, dan ekonom memang memanfaatkan hukum permintaan dan penawaran ini untuk memprediksi dan memahami keadaan pasar berdasarkan teori ekonomi tersebut.

Kita dapat mengetahui penerapan hukum ini pada contoh peluncuran produk baru perusahaan yang sengaja dilakukan kenaikan harga agar permintaan pembeli meningkat melalui iklan. Adapula yang mencoba untuk meningkatkan harga produk perusahaan menjadi lebih mahal dengan sengaja untuk mengurangi pasokan produk di pasaran melalui pembatasan jumlah produk yang dijual. Dari sini apakah anda sudah paham mengenai pembahasan tentang jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran itu?

Baca Juga  11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap

Dalam hukum kelangkaan terdapat skenario bahwa permintaan produk akan dimaksimalkan dan pasokan produk diminimalkan sehingga membuat harga produk menjadi lebih tinggi. Kemungkinan margin keuntungan paling tinggi sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran ini akan diperoleh jika biaya produksinya dipastikan serendah mungkin untuk perusahaan yang sama. Cara melakukannya yaitu dengan meminta masing masing pemasok untuk bersaing satu sama lain ataupun dengan memperoleh tawaran dari sebagian besar pemasok sehingga pembuatan produk barunya mengeluarkan harga serendah mungkin dari barang pemasok.

Jika pasokan barang ditingkatkan demi biaya pembuatan produk dapat dikurangi, maka akan berimplikasi kepada harga produknya. Hal ini merupakan contoh jika permintaan dan penawaran diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Hubungan kelangkaan, permintaan dan pewanaran tersebut dapat anda temukan pula dalam bentuk soal seperti di bawah ini:

Jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran?

Jawaban.
Kelangkaan sebuah barang mengakibatkan naiknya permintaan dan rendahnya jumlah penawaran. Hal ini menyebabkan harga barang yang semakin mahal.

Kita tahu bahwa pengertian kelangkaan adalah ketidaksesuaian antara pasokan produk dengan permintaan yang tinggi sehingga penawaran dan permintaannya tidak seimbang. Berdasarkan prinsip kelangkaan, barang barang langka mempunyai nilai yang lebih tinggi dan menyebabkan permintaan tidak sesuai dengan penawaran sebuah barang.

terjadinya kelangkaan tersebut disebabkan karena terhambatnya penawaran dan banyaknya permintaan sehingga barang memiliki harga yang tinggi. Keseimbangan antara hukum permintaan dengan penawaran ini dapat dicapai menggunakan prinsip kelangkaan seperti menaikkan harga produk langka hingga mencapai keseimbangan. Dari sini tentunya anda sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.