Pengertian Keragaman Komunikasi Pada Komunikasi Data

Diposting pada

Pengertian Keragaman Komunikasi Pada Komunikasi DataBerdasarkan suku kata, keragaman komunikasi terdiri dari 2 suku kata yaitu Keragaman dan Komunikasi. Kata keragaman berasal dari kata Ragam yang berarti lebih dari satu atau jumlahnya lebih banyak. Sedangkan kata komunikasi berarti sebuah proses penyampaian informasi antar individu, baik itu perorangan, golongan, maupun masyarakat.

Pengertian Keragaman Komunikasi Pada Komunikasi Data
Komunikasi Data

Jadi bisa disimpulkan bahwa Keragaman Komunikasi adalah satu atau lebih metode (cara) yang dapat digunakan untuk saling menyampaikan informasi yang saling terhubung antar individu, baik itu hubungan perorangan, golongan, maupun masyarakat.

Pengertian Keragaman Komunikasi Pada Komunikasi Data

Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik itu secara lisan atau langsung mapupu secara tidak langsung atau melalui media.

Pengertian Komunikasi Menurut Lasswell 1960

Komunikasi adalah sebuah proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?)

Penjelasan dari 5 unsur yang disampaikan Lasswell adalah sebagai berikut:

a. Who? (Siapa atau Sumber)
Sumber adalah pelaku utama yang memiliki kebutuhan utama untuk berkomunikasi atau memulai sebuah komunikasi.

b. Says What? (Pesan)
Pesan adalah seperangkat simbol verbal atau nonverbal yang mewakili sebuah perasaan, nilai, gagasa, maksud dari sumber.

c. In Which Channel? (Saluran atau Media)
Saluran atau media adalah wahana yang digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan dari sumber (komunikator) kepada penerima baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

d. To Whom? (Untuk Siapa atau Penerima)
Penerima adalah orang atau kelompok atau organisasi yang menerima sebuah pesan dari sumber.

e. With What Effect? (Dampak atau efek)
Dampak atau efek penerima sebuah pesan dari sumber adalah bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap, dan lain sebagainya.

Nah, itulah artikel mengenai pengertian keragaman komunikasi pada komunikasi data. Semoga artikel yang sangat singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *